PSAI Ambil Peran Jaga Kebersihan

0
46

UMS, pabelan-online.com – Ahad lalu (28/10/2018), orang-orang berpakaian putih hijau tua mendominasi lingkungan kampus dua Universitas Muhammadiyah Surakarta. Mereka meramaikan helat yang ditujukan untuk memeringati milad ums yang ke-60 tahun. Dalam kesempatan tersebut, Pusat Studi Arsitektur Islam (PSAI)turut hadir sebagai relawan untuk mengimbau pengunjung dalam bertanggung jawab terhadap sampahnya sendiri.

Di tengah-tengah massa yang hadir, sepasang anggota PSAI berkeliling sambil membawa trash bag dan papan bertuliskan imbauan untuk membuang sampah dan mematikan rokok. Sesekali mereka menyodorkan trash bag tersebut kepada pengunjung dan mendapatkan balasan berupa sampah dari tangan pengunjung.

Selaku Ketua PSAI, Indrawati mengungkapkan munculnya aksi ini bermula dari semangat internal PSAI untuk menjaga kebersihan. Ide untuk terjun langsung di perhelatan ini baru muncul seminggu sebelum hari H. Meski begitu, dukungan yang PSAi terima tidak hanya turun dari panitia pusat Milad UMS ke-enampuluh. “Responnya baik sekali, banyak yang mendukung gerakan ini,”  tuturnya, Minggu (28/10/2018).

Sebanyak 35 orang disebar ke 16 titik dengan potensi menghasilkan banyak sampah. Tiap tim terdiri dari dua orang. Selain pengunjung, imbauan juga berlaku bagi peserta yang mendirikan stan. Bagi mereka yang meninggalkan sampah setelah acara selesai akan dikenai denda Rp 200.000. “Ada tempat-tempat yang menjadi pemusatan (sampah menumpuk-red),” tandasnya.

Karena keterbatasan proses persiapan, Indrawati mengakui bahwa dirinya belum memikirkan secara matang kemana sampah-sampah tersebut akan diolah. Harapannya ia dan kawan-kawannya dapat menerapkan prinsip 4P, yakni reduce, reuse, recycle, dan replace.

Reporter: Afitasari M

Editor: Lia L

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here