Ilmu Komunikasi Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa Lewat Ini

0
84

UMS, pabelan-online.com – Kelompok Minat Bakat Fakultas Ilmu Komunikasi (Ilkom) siap jadikan mahasiswa berkompeten berdasarkan kemampuan yang diminati. Kegiatan ini diselenggarakan agar mahasiswa memiliki keahlian untuk bekal kerja saat lulus kuliah.

Selaku Ketua Prodi Ilmu Komunikasi (Kaprodi Ilkom),Dian Purworini menuturkan bahwa fakultasnya belum memiliki konsentrasi kejuruan di bidang tertentu. Keterbatasan mata kuliah praktek menjadi kendala mahasiswa dalam menyalurkan minat bakatnya. Akibatnya mahasiswa mengalami kebingungan dalam menentukan arah selama belajar. “Saya senang ketika kelompok minat bakat ini diisi oleh mahasiswa dari berbagai angkatan, sehingga mereka saling berbagi pengalaman,” ujar Dian, Rabu (11/7/2018).

Kegiatan ini dimentori langsung oleh dosen dan berkolaborasi antar angkatan. Sosialisasi minat bakat sendiri dilakukan dengan mempublikasikan karya peserta, seperti news video, artikel, dan hasil perlombaan di jejaring sosial. Tujuannya untuk menjadi jembatan advertising. Dian mengungkapkan sejauh ini antusias mahasiswa mengikuti minat bakat lumayan bagus.

Minat bakat memfasilitasi penuh peserta dalam hal pelatihan dan perlombaan. Fasilitas tersebut diharapkan dapat menunjang keberhasilan mahasiswa selama kegitan pelatihan. Dian mencontohkan, apabila ada mahasiswa yang ingin mengikuti lomba fotografi maka pihaknya akan menyediakan mentor yang berkompeten di bidang tersebut. selain fotografi, bidang lain yang juga difasilitasi yakni pertelevisian, jurnalistik, penyiaran, dan public relation.

Salah satu peserta, Muhammad Risyad mengakui dampak yang sangat besar selama mengikuti kegiatan ini. Ia menuturkan pencapaiannya berkat mengikuti kegiatan ini yaitu bertemu langsung dengan kru-kru media profesional seperti NET TV dan SCTV. Ia bahkan mengungkapkan bahwa dirinya bisa meliput opening Asian Games 2018. “Semoga temen-temen minbak bisa merasakan juga apa yang saya rasakan,” ungkapnya, Rabu (11/7/2018).

Reporter: Sarihul Mustari

Editor: Afitasari M

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here