Akomodasi Pendaftar Luar Kota, ODS Kenalkan Tes Lab

0
212

UMS, pabelan-online.com Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah dibuka mulai 2 Januari hingga 27 Agustus 2019 mendatang. Guna menjaring para calon mahasiswa baru, sistem One Day Service (ODS) dikenal telah menjadi andalan UMS. Meski tak banyak perubahan dibanding tahun sebelumnya, ODS kini menyuguhkan inovasi berupa Tes Lab yang mengakomodasi pendaftar dari luar wilayah Surakarta. Selain melalui ODS, PMB UMS pun kembali membuka jalur beasiswa untuk program Strata-1 dan Strata-2.

Sebagai Panitia Koordinasi ODS, Ahmad Darmawan menjelaskan, bahwa proses pendaftaran mulai dari pengisian formulir hingga menjadi calon mahasiswa baru UMS, dapat diselesaikan dalam sehari. Lazimnya, ini disebut sistem One Day Service (ODS) yang dikenal menjadi andalan UMS dalam penjaringan calon mahasiswa baru. Hal ini tentu menjadi nilai plus UMS, yang belum banyak diterapkan di universitas lain.

Sayangnya, calon mahasiswa baru dari luar wilayah Surakarta belum dapat menikmati keunggulan ini. Tak dipungkiri, jarak menjadi hambatan untuk melakukan registrasi langsung di Gedung Induk Siti Walidah. Sehingga tentu memakan waktu dan tak cukup dilakukan sehari.

Namun kini, telah tersedia inovasi berupa Tes Lab yang mampu mengakomodasi pendaftar dari luar wilayah Surakarta. “Tes Lab itu, kita bawa server komputer atau laptop. Biasanya nanti dikoneksikan dengan lab komputer dengan sekolah yang dituju,” ungkapnya, Selasa (19/02/2019).

Terkait perkembangan PMB, Ahmad menyebutkan, per tanggal 19 Februari 2019 sudah menjangkau angka ribuan pendaftar. “Saat ini terhitung 4.306 calon mahasiswa baru yang melakukan pendaftaran, yang lolos tes lebih kurang total 2.300 anak. Lalu untuk yang sudah melakukan registrasi ada sekitar 1.800,” jelasnya.

Triyono, selaku Kepala Badan Administrasi Akademik (BAA), pun menaruh harap agar kedepannya dapat melayani dengan efisien calon mahasiswa baru di luar wilayah Surakarta. Ia menambahkan, akan memperluas wilayah pengadaan tes dan kerja sama dengan beberapa sekolah. “Tidak terbatas pada sekolah Muhammadiyah saja, namun keseluruhan,” ungkapnya, saat ditemui tim Pabelan Online, Sabtu (23/02/2019). Adapun wilayah yang dimaksud mulai dari Madiun, Pati, Grobogan, Kudus hingga Banjarmasin dan Lampung.

Di samping itu, UMS juga kembali membuka PMB melalui jalur beasiswa untuk program Strata-1 (S1) dan program pascasarjana (S2). Triyono menuturkan bahwa pendaftaran jalur beasiswa ini berbasis sekolah. Masing-masing sekolah diberikan akun untuk mendaftarkan anak didiknya dalam program beasiswa ini. “Untuk beasiswa S1 tadi itu diperuntukkan untuk fresh graduate (lulusan baru –red), sehingga daftarnya melalui sekolah masing-masing,” pungkasnya.

 

Reporter: Widia Arum Pratiwi

Editor: Ani Sariski