Sistem Harus Terus Diperbaiki

0
107

Melewati masa pergantian semester, mahasiswa UMS dihadapkan pada kegiatan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). Pengisian KRS secara online biasanya dilakukan di web Sistem Terpadu Akademik Reguler (STAR) UMS. Fungsi web STAR UMS bukan hanya untuk pengisian KRS saja, bahkan mahasiswa juga sering mengakses web untuk melihat kolom pengembangan akademik maupun Kartu Hasil Studi masing-masing. Penggunaan web STAR yang mudah diakses kapanpun dan dimanapun dirasa mempermudah mahasiswa. Bukan hal yang mengherankan lagi bila masalah server down menjadi problem langganan saat penantian nilai  studi pula pengisian KRS, karena  banyaknya mahasiswa mengakses web tersebut dalam waktu yang bersamaan.

Untuk itu Biro Administrasi Akademik bekerja sama dengan Biro Information Technology (IT) mengembangkan aplikasi STAR UMS yang bisa diunduh lewat Google Play Android.  Aplikasi ini diharapkan kelak mampu menjadi solusi galat server down ketika mengakses web STAR. Namun usut punya usut, ternyata aplikasi ini masih dalam tahap pengenalan dan membutuhkan banyak perbaikan pada sistemnya. Beberapa merek ponsel pun dinyatakan belum kompatibel dan lumayan memakan kapasitas memori. Bisakah kelak benar-benar menjadi solusi?

Sebagai kampus yang memiliki predikat A didukung dengan segala fasilitas yang tersedia, sudah sepatutnya kampus juga memerhatikan hak mahasiswa. Mahasiswa punya hak memperoleh fasilitas yang memadai, misalnya pada pengisian KRS dan pengecekan KHS secara online ini, web tidak lagi mengalami server down karena banyaknya pengunjung. Tentunya kampus sudah mengetahui bahwa jumlah mahasiswa UMS sendiri tidaklah sedikit. Server down menjadi bukti bahwa sistem web STAR UMS belum dapat memenuhi kebutuhan akan fasilitas akademik yang menjadi hak mahasiswa.

Pentingnya web STAR UMS sebagai sarana penunjang kegiatan akademik mahasiswa, seharusnya menjadikan pihak kampus terus mengupgrade kualitas sistemnya. Apresiasi terhadap pihak kampus yang berinisiatif menciptakan aplikasi STAR UMS sebagai salah satu solusi ketika web STAR mengalami server down. Namun hal ini juga harus ditunjang dengan terus dilakukan perbaikan sistem secara berkala, dan secara menyeluruh pula. Tidak hanya membuat aplikasi lalu lepas tangan. Mudah-mudahan aplikasi STAR ini benar-benar seperti yang diharapkan, mampu menjadi solusi alternatif kala web mengalami server down. Dan semoga harapan Biro Administrasi Akademik dapat meningkatkan pelayanan terhadap kebutuhan civitas academica UMS dapat terwujudkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here