Dirasa Ganggu Fasilitas, Satpam FF UMS Tertibkan Dagangan Mahasiswa

0
72

UMS, pabelan-online.com – Penertiban dagangan makanan ringan di lantai I dan II Gedung Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (FF UMS) menuai kritik dari mahasiswa, sebab secara tertulis belum ada peraturan mengenai larangan berdagang di kampus.

Salah satu mahasiswa program studi Farmasi, Monicia Attasih, dagangannya disita oleh satpam beberapa minggu lalu. Satpam melakukan penertiban dengan mengamankan beberapa dagangan dari mahasiswa Fakultas Farmasi (FF) maupun masyarakat luar kampus UMS, dengan alasan agar kampus tetap kondusif.

Menurut Monicia, sebelumnya memang tidak ada pelarangan berdagang. Namun, usut punya usut, ia mendengar bahwa kursi di Hall lantai dua penuh dengan makanan sampai mahasiswa sulit untuk duduk. Kemudian ada yang melapor merasa terganggu pada satpam, sore harinya dagangan langsung diamankan. “Penertiban ini dilakukan tanpa ada sosialisasi sebelumnya dari kampus,” ungkap Monicia, Rabu (28/03/2019)

Dirinya menuturkan, saat itu ia berjualan atas nama organisasi, bukan untuk penghasilan pribadi. Sewaktu ia bertanya mengapa dagangannya disita, satpam berdalih itu termasuk tindakan ilegal, lantaran sudah ada kantin sendiri di lantai satu.

Baca JugaPeresmian Kantin Baru UMS, Pengunjung Boleh Makan Gratis

Azis Saifudin selaku Dekan Fakultas Farmasi menanggapi, langkah tersebut murni merupakan inisiatif dari pihak cleaning service yang melihat banyaknya jajan di atas kursi. Azis sendiri sebenarnya mendukung para mahasiswa untuk berjualan.

Menurutnya, dengan membuka kantin kejujuran sendiri, mahasiswa dapat mengembangkan jiwa wirausahanya. “Saya ingin membuat sebuah regulasi yang mengharuskan kantin kejujuran itu terdaftar pada daftar penjual di Fakultas Farmasi,” katanya pada tim Pabelan Online, Jumat (29/03/2019).

Reporter         : Annisa Nur Aisyah dan Ocavaro De Adio Hardiyanto

Editor             : Senly Aprillina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here