Ketua Beasiswa Ikatan Alumni: Pencairan Dana Tak Harus Sesuai Jadwal

0
65

UMS, pabelan-online.com – Beberapa waktu lalu sempat beredar isu di kalangan mahasiswa UMS mengenai beasiswa Ikatan Alumni (IKA) tidak ditindaklanjuti.

Sejak bulan Maret lalu, penyelenggara telah mengumumkan siapa saja penerima beasiswa. Namun hingga bulan April yang menurut timeline (jadwal-red) ada pertemuan, belum ada kabar apapun dari pihak penyelenggara.

Menanggapi isu yang beredar, Ketua Beasiswa IKA (Ikatan Alumni), Sarjito menegaskan, pencairan dana beasiswa IKA tidak harus sesuai jadwal yang telah ditetapkan, sebab hal tersebut bersifat fleksibel. Sarjito menyebut, kemungkinan besar dana akan dicairkan bulan Mei ini.

“Itu bukan masalah besar, yang terpenting dana tersebut tetap akan cair suatu saat nanti,” ujar Sarjito pada tim Pabelan Online, saat ditemui di ruangannya, Sabtu (4/5/2019).

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tersebut mengaku tidak terlalu grusa-grusu terkait pencairan dana beasiswa sebesar 400 ribu yang akan diberikan setiap semesternya.

Sementara itu, Indra Bangsawan, selaku Kepala Bagian Teknis IKA mengakui bahwa timeline-nya mundur, sehingga dana beasiswa yang seharusnya dapat dicairkan bulan April, terpaksa mundur menjadi bulan Mei.

“Insya Allah tanggal 8 Mei nanti,” tukas pria yang biasa disebut Indra.

Indra lalu menjelaskan, itu disebabkan oleh dua hal. Pertama, pimpinan sibuk menjelang Ujian Tengah Semester (UTS). Kedua, MoU atau Memorandum of Understanding (perjanjian kerja sama-red) direncanakan setelah UTS. “Kenapa setelah UTS? Supaya mahasiswa tidak terganggu, begitu,” ujarnya, Jumat (3/5/2019)

Indra menuturkan terdapat sedikit perbedaan antara tahun lalu dengan tahun ini. Bila tahun lalu, dana beasiswa cair satu per satu untuk semua fakultas. Kali ini, pengelompokkan dana beasiswa dibagi menjadi dua, yaitu fakultas kecil dan fakultas besar. Untuk fakultas kecil, dana beasiswa cair satu per satu tiap semester. “Sementara untuk fakultas besar, dana beasiswa akan langsung cair untuk satu tahun,” pungkasnya.

Baca Juga : Marching Band Lakukan Galang Dana Demi Ikuti Lomba Nasional

Mengetahui hal itu, Ivan, salah satu mahasiswa penerima beasiswa IKA, memaklumi kesibukan pimpinan UMS. Ia tidak terlalu mempermasalahkan jumlah pencairan dana beasiswa yang dibedakan cara pencairannya antara fakultas besar dan fakultas kecil, mengingat ia sendiri berasal dari fakultas besar.

Ivan kemudian menceritakan keresahannya. Ada keterlambatan pengumuman untuk mahasiswa yang lolos menerima beasiswa. Jika awalnya pada jadwal tercantum tanggal 13 Maret, namun mundur menjadi 22 Maret 2019.

“Saya sebagai mahasiswa takut kalau tidak lolos atau tertinggal untuk tahap selanjutnya, tapi untungnya sudah diinfokan melalui chat oleh mas Indra,” ujar mahasiswa semester delapan program studi Teknik Industri tersebut, saat ditemui tim Pabelan Online, Jumat (3/5/2019).

“Semoga UMS bisa bekerja secara profesional dan tepat waktu, kan sudah terjadwal apa yang direncanakan sebelumnya,” ungkap Ivan penuh harap.

Reporter           : Dhea Arum Pratiwi

Editor               : Annisavira Pratiwi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here