Mahasiswa IQT Raih Juara Harapan III Kompetisi Alquran Nasional

0
136

UMS, pabelan-online.com Sidik Saiful Anwar, Mahasiswa Ilmu Qur’an dan Tafsir (IQT) berhasil meraih juara Harapan III cabang Lomba Musabaqah Khathil Qur’an Dekorasi (MKQ D) pada National Qur’an Competition (NQC) 2019 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa (30/4/2019).

Mahasiswa yang akrab disapa Sidik ini mengaku, mengikuti kompetisi NQC karena pernah memiliki pengalaman dibidang cabang lomba Musabaqah Khathil Qur’an Dekorasi sebelumnya. Tak sekadar itu, keikutsertaannya dalam kompetisi ternyata juga atas dukungan Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Manusia (SDM) HMP IQT.

“Saya mencoba-coba mengikuti lomba itu dulu, selama ada fasilitas alat, tugas saya tinggal menjalani,” tutur Sidik, Selasa (30/4/2019).

Sidik juga mengungkapkan, tak ada persiapan khusus untuk mengikuti cabang lomba tersebut. “Dulu sewaktu SMP pernah belajar, jadi kurang lebih saya tahu. Persiapan yang saya lakukan hanya saat Technical Meeting (TM) satu malam sebelum acara”, ujarnya.

Muhammad Rohim, selaku Kabid SDM Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Qur’an dan Tafsir (HMP IQT), mengaku memilih Sidik Saiful Anwar berkat pengalamannya yang pernah menjadi Juara II Lomba Kaligrafi di Ajang Mentoring Cup 2019.

“Tidak ada penyaringan khusus untuk memilih Sidik, saya memilih langsung karena Sidik sebelumnya pernah menang di Mentoring Cup 2019 dan saya juga sering melihat karyanya,” tuturnya, Kamis (2/5/2019).

Keikutsertaan Sidik dalam kompetisi ini dari awal pendaftaran hingga acara lomba yang terselenggara di UNY juga difasilitasi oleh kampus, bukan uang pribadinya.

”Awalnya dari HMP ingin mengirim secara independen, karena takut salah dalam proses pengiriman, saya konsultasi ke Kaprodi IQT dan akhirnya disetujui semua biaya difasilitasi kampus, bukan uang pribadi,” jelasnya, Kamis (2/5/2019).

Rohim berharap, ke depannya Fakultas Agama Islam (FAI) dapat mewadahi mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam bidang kaligrafi, tilawah, dan sebagainya. “Saya berharap ada wadah untuk mahasiswa mengembangkan bakatnya, jadi ketika ada acara lomba seperti NQC lagi sudah ada bekal dan berbagai persiapan,” tukas Rohim.

Reporter: Annisa Nur Aisyah

Editor: Ani Sariski