Semarakkan Bulan Ramadan, UKM Kirim Perwakilan Untuk Kultum

0
552

UMS, pabelan-online.com Takmir Masjid Fadhlurrahman Kampus Satu (1) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mewajibkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) untuk mengirim setiap perwakilannya untuk kultum di Masjid Fadhlurrahman.

Kultum merupakan agenda rutin Masjid Fadhlurrahman yang dijadwalkan dua kali dalam sehari, yaitu setelah sholat Dzuhur dan sholat Tarawih selama bulan Ramadan. Agenda tersebut tidak hanya diberlakukan di Masjid Fadhlurrahman saja, tetapi juga di Masjid Sudalmiyah Rais kampus 2 UMS.

Surya Wijaya, selaku pengurus masjid membenarkan, bahwa takmir Masjid Fadhlurrahaman mewajibkan perwakilan dari UKM untuk mengisi kultum, tak hanya UKM namun Ormawa di kampus satu juga dapat bagian untuk membawakan kultum. “Hanya UKM yang backgroundnya agama yang diambil,”  jelasnya, Jumat (10/5/2019).

Untuk penentuan tema kultum, Surya mengaku memberi kekebasan kepada tiap perwakilan, asalkan tema yang diambil masih berhubungan dengan bulan suci Ramadan. Surya mengungkap, kehadiran jamaah kultum meningkat dari hari pertama.

Hasanuddin Dg Nanring, salah satu pembicara kultum sekaligus perwakilan dari UKM Hizbul Wathan UMS (HW UMS), menuturkan bahwa perwakilan tiap UKM ataupun Ormawa minimal mengirim satu nama pembicaranya untuk mengisi kultum di Masjid Fadlurrahman.

Baca Juga Peduli Kesehatan Masyarakat, Mahasiswa FK UMS Adakan Cek Kesehatan

HW mengajukan dua nama pembicara kultum di Masjid Fadhlurrahman, yaitu Hasanuddin dan Aziz Nugroho. “Pembicara kultum Masjid Fadhlurrahman diambil dari UKM dan Ormawa yang terdapat di kampus satu saja,” ungkapnya, Jumat (10/5/2019).

Surya berharap, dengan diadakannya kegiatan tersebut, mahasiswa lebih berani untuk menyampaikan argumennya terkait dengan bulan Ramadan, khususnya bagi yang ditugaskan untuk mengisi kultum di Masjid Fadhlurrahman. Begitu juga dengan Hasanuddin, yang berharap dengan adanya kultum tersebut dapat memakmurkan masjid dan memperoleh rida Allah SWT.

Reporter              : Rika Tri Amalia

Editor                   : Ani Sariski