Usai Rapat Koordinasi Jilid Dua, Kongres Pembentukan Student Government Semakin Dekat

0
334

UMS, Pabelan-online.com – Rapat koordinasi (Rakor) 2 yang membahas mengenai Student Government Organisasi Mahasiswa (Ormawa) UMS telah selesai digelar. Acara yang dilaksanakan di Auditorium Moh Djazman pada Sabtu, 11 Mei 2019 itu bertujuan untuk membentuk Badan Pelaksana dan Badan Pekerja dalam persiapan kongres ormawa.

Peserta dalam Rakor II ini ditunjuk dari perwakilan dari setiap Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas (UKM-U), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM-F), Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPM-F), dan Koordinator Komisariat (Korkom) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Sedangkan jumlah peserta yang hadir kurang lebih 34 orang.

Rakor dipimpin oleh Rial, Miftakhurrohman, dan Hanif hingga terbentuknya tata tertib kongres. Dalam Rakor II ini, memutuskan untuk membentuk Badan Pelaksana yang bertugas menyiapkan teknis acara kongres dan menentukan waktu dilaksanakannya kongres.

Anggotanya berjumlah 28 orang, diambil dari delegasi dua orang tiap UKM-U, Korkom IMM, BEM, dan DPM Fakultas.

Baca JugaFKIP UMS: Inovasi Sistem Skripsi Tanpa Melalui Pendadaran

Setiap unit diberi tenggat waktu selama 3 hari untuk menyerahkan nama delegasi yang ditunjuk, terhitung dari hari penetapan keputusan, 14 Mei 2019 sampai tiga hari ke depan. Sehari selanjutnya, diadakan pertemuan pra kongres yang akan membentuk struktur kepanitiaan Badan Pelaksana oleh SC (Steering Committe-red).

Selain itu, dibentuk pula Badan Pekerja, bertugas menyusun draft yang akan dibahas dalam setiap rapat persiapan kongres yaitu, membentuk agenda kongres, tata tertib kongres, dan Anggara Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) student government meliputi: Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), DPM-U, dan Presiden dan Wakil Presiden BEM-U.

Sedangkan anggota Badan Pekerja telah dipilih lima orang dengan rincian: dua orang dari UKM-U yaitu Yasin (UKM Prisma) dan Ikhwan (UKM Namlah),  satu orang dari DPM-F yaitu Siti Anisa (DPM-F Farmasi), satu orang dari BEM-F yaitu Iqbal (BEM-F Psikologi), dan satu orang dari Korkom IMM yaitu Abid.

“Terkait pimpinan presidium saya rasa sampai nanti kongres tetap saja sementara, misalkan nanti dari praktik kongres ada perubahan terkait susunan acara baru  ya gak masalah,” ujar salah satu peserta rakor II yang tak diketahui nama dan asalnya, sebagai masukan, ketika saat itu membahas mengenai pimpinan sidang.

Reporter         : Ahmad Hafidz Imadudien

Editor              : Ummu Azka Amalina