Pembentukan BEM UMS Sempat Tersendat Lantaran Ormawa Kurang Antusias

0
350

Suryadi, Kepala Bagian Minat, Bakat, dan Beasiswa

UMS, pabelan-online.com – Pasca BEM-U dinyatakan vakum di tahun 2018, Kemahasiswaan berupaya untuk mengembalikan BEM-U sejak sebelum reorganisasi kepengurusan Ormawa 2018. Namun kurangnya antusiasme dari Ormawa membuat BEM-U belum sempat terealisasi kala itu.

Alasan mengapa baru sekarang Bagian Kemahasiswaan (Bagmawa) mewadahi pembentukan BEM-U, dijelaskan oleh Suryadi, selaku Kepala Bagian Minat, Bakat, dan Beasiswa. Suryadi mengaku, sebenarnya usaha untuk membentuk BEM-U kembali sudah dilakukan sejak tahun 2018. Namun kenyataannya hal tersebut belum sempat terealisasi karena kurangnya antusiasme organisasi mahasiswa (Ormawa) UMS.

Ia beranggapan yang seharusnya berinisiatif dalam membentuk BEM-U adalah ormawa UMS sendiri. “Jadi sebelum reorganisasi pengurus 2018 itu sudah kita undang semuanya, seperti itu. Tapi mereka (ormawa –red) dalam tanda kutip ra patek butuh (tidak terlalu butuh–red), asik dengan dunia sendiri,” tutur pria yang sering disapa Pak Sur oleh mahasiswa, Sabtu (6/7/2019).

Saat pelantikan pengurus ormawa UMS periode 2019, Suryadi menanyakan kembali pada ormawa UMS apakah BEM-U masih dibutuhkan atau tidak. Setelah akhirnya diiyakan, Bagmawa memfasilitasi mereka untuk menindaklanjuti hal ini dalam rapat koordinasi (Rakor) jilid I dan II. Usai Rakor jilid II, seluruh urusan pembentukan BEM-U diserahkan pada ormawa. “Saya tidak akan ikut urusan tentang itu (BEM-U–red), saya tunggu sampai terbentuknya itu,” pungkasnya.

Siti Anisa, selaku Sekretaris Badan Pekerja mengungkapkan, meskipun terkesan mendadak dan mepet, namun acara kongres SG UMS tetap berjalan dengan lancar. “Molor enggaknya emang dari Pak Sur mintanya tanggal sekian terlaksananya sekian. Tapi alhamdulillah benar-benar terbentuk,” ucapnya, Kamis (4/7/2019).

Siti juga mengatakan bahwa antusiasme dari BEM-F dan UKM-U sendiri sangat besar, dilihat dari banyaknya peserta yang hadir dalam serangkaian acara kongres SG UMS. Hal tersebut membuktikan BEM-F dan UKM-U menghendaki dibentuknya BEM-U pada tahun ini.

Sebagaimana diketahui, proses pembentukan BEM-U dilaksanakan melalui kongres dan memakan waktu selama tiga bulan. Hal tersebut terhitung sejak rapat koordinasi jilid I yang diadakan pada tanggal 1 April 2019, hingga berakhir pada kongres Student Government (SG) UMS tanggal 30 Juni 2019.

Baca Juga Presiden Mahasiswa FH UMS: Proses Salah, Apalagi Struktur

Reporter: Riski Setyo Widarto

Editor     : Rifqah