Padat Proker, Sejumlah UKM Tak Hadiri Kongres Student Government

0
196

UMS, pabelan-online.com – Dalam Kongres Student Government Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), mengundang semua elemen ormawa, baik tingkat fakultas maupun universitas. Namun, sejumlah UKM diketahui absen kongres. Dua diantaranya LPM Campus dan USF.

Selaku Pemimpin Umum (PU) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Campus, Radixza Afiffatul mengaku dirinya tak sempat mengirim perwakilan untuk datang ke kongres Student Government. Ia berdalih pihaknya tengah mempersiapkan program kerja (Proker) terbesarnya saat itu.

“Sebetulnya sudah ada undangan, tapi karena bertabrakan dengan proker Seminar Nasional Kepenulisan, jadi tidak ada anggota yang datang,” terang mahasiswi yang akrab disapa Afif, Selasa (30/7/2019). Meskipun tak ada perwakilannya yang hadir, atas nama LPM Campus, Afif menyatakan dukungan terhadap pembentukan BEM-U.

Senada dengan LPM Campus, absennya Unit Seni dan Film (USF) dari kongres Student Government juga lantaran padatnya proker. Jalu, sebagai Ketua USF mengonfirmasi hal tersebut. Ia beranggapan, tidak adanya BEM-U tidak terlalu bermasalah. Sebab menurut dia, kemaslahatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari segi pendanaan maupun kebutuhan, masih bisa di backup oleh atasan.

“Namun idealnya sebuah universitas yang memiliki student government lebih baik karena tak membangun sigma negatif saat mahasiswa aktivis berada di luar kampus, sehingga dengan adanya BEM-U mungkin bisa jadi lebih baik,” ujar Jalu. Jalu pun berharap, BEM-U yang baru bisa benar-benar menjalankan fungsi dan peran BEM-U semestinya.

Ali Musthofa, Ketua Badan Pelaksana Kongres Student Government, menegaskan pihaknya telah mengundang seluruh elemen ormawa tingkat universitas, 12 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM F) serta Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPM F). Namun faktanya, tidak semua tamu undangan hadir. Menurut Ali, ketidakhadiran beberapa UKM itu tidak bisa disalahkan.

Malah, Ali sendiri mengaku lalai karena tidak memilih waktu lebih awal untuk mengadakan kongres. Ia justru memilih tanggal yang mendekati Ujian Akhir Semester (UAS). “Soal mereka yang datang atau tidak, kan ya mungkin sedang sibuk karena itu juga berkenaan dengan minggu tenang menjelang UAS. Jujur itu keluputanku sebagai ketua,” imbuhnya.

Baca Juga Belum Terkumpulnya Delegasi Fakultas untuk Struktur MPM, PRISMA: Kurang Diedukasi Tentang Pentingnya MPM

Reporter              : Hanif Afifah

Editor                    : Annisavira Pratiwi