Jumlah Ikan Membeludak, Takmir Masjid Ajak Mancing Dadakan

0
347

UMS, pabelan-online.com Salah satu takmir masjid awalnya hanya iseng memasang story whatsapp berisi ajakan mancing dadakan. Hal ini disebabkan jumlah ikan yang membeludak di kolam Masjid Suldalmiyah Rais UMS.

Tiga kolam ikan Masjid Sudalmiyah sudah terlihat cukup keruh. Ketika mengetahui hal itu, Sulton Afkarna Wafil, sebagai salah satu takmir masjid berencana mengurasnya. Mengingat telah lewat tiga bulan lalu kolam dibersihkan. Biasanya, tiap kolam ikan yang ada di Masjid Sudalmiyah rutin dibersihkan tiga bulan sekali.

Tibalah hari itu hari Sabtu, tepatnya pada tanggal 31 Agustus 2019. Tatkala Sulton berniat menguras kolam ikan, ia baru menyadari jumlah ikan yang ada di kolam sebelah kiri masjid ternyata membeludak. Ia mengira-ngira, ada sekitar 1.500 ekor ikan di dalam kolam yang biasa ia sebut dengan kolam ikan berukuran tanggung.

Ia kemudian iseng memasang story di Whatsapp-nya, untuk memberi pengumuman mancing ikan bersama di kolam Masjid Sudalmiyah. “Ternyata respon teman-teman yang melihat story saya sangat bagus, jadilah bagi-bagi ikan lewat kegiatan mancing ini,” timpal Sulton semangat. Lewat kegiatan ini, ia bermaksud mengajak mahasiswa merasa bahwa Masjid Sudalmiyah milik bersama. Tak sekadar mancing belaka, ajang ini juga dimanfaatkan oleh Sulton untuk meminta partisipasi peserta agar turut bekerja sama membersihkan kolam.

Ajang mancing dadakan ini ternyata mendapatkan tanggapan baik dari sejumlah peserta, salah satunya Rosin. Salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta ini mengaku senang bisa turut meramaikan masjid, bahkan membantu menguras kolam agar kebersihannya senantiasa terjaga. “Tadi ikut mulai jam 15.00 sampai 18.00 WIB, ikannya buat makan malam bersama di sekretariat Keluarga Mahasiswa (KAMA),” ungkapnya, Rabu (4/9/2019).

Reporter         : Esi Ariska

Editor             : Annisavira Pratiwi