Perilaku Seks Menyimpang Sebagai Malapetaka Moral

0
125

UMS, pabelan-online.com – Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengangkat tema Perilaku Seks Menyimpang dalam penyelenggaraan seminar nasional.

Seminar Nasional bertajuk “Menyelamatkan Generasi Penerus Bangsa dari Malapetaka Moral Pada Perilaku Menyimpang Hubungan Seksual Sejenis” dihadiri oleh Wakil Ketua Umum ICMI serta lima pembicara lainnya. Antusiasme peserta rupanya bukan dari mahasiswa UMS saja, tetapi juga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Soloraya.

Acara yang digelar di Gedung Auditorium Mohammad Djazman pada 5 September 2019 dimulai dengan sambutan dari Sri Astuti Buchori, selaku Wakil Ketua Umum ICMI. Sri mengimbau generasi muda saat ini harus bisa membekali diri sendiri untuk menghindar dari perilaku seks menyimpang. Tak bermaksud menghakimi pelaku, Sri ingin menolong sekaligus mengajak audience lebih waspada agar jangan sampai terjebak menjadi pelaku.

Sementara itu, Aida Vitayala Sjafri Hubeis selaku Guru Besar Bidang Komunikasi Gender menyampaikan definisi gender yang berbeda jauh dengan seks. “Gender adalah relasi sosial antara laki-laki dan perempuan yang berbeda dari satu tempat ke tempat lain,” kata Aida.

Selaras dengan tema seminar, Hanny Nilasari, berprofesi sebagai Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin (SpKK), hadir sebagai salah satu pemateri yang berbicara mengenai bahayanya perilaku menyimpang pada hubungan seksual sejenis. Hanny memaparkan beberapa penyakit mampu timbul akibat perilaku seks menyimpang.

Ia mewakili Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) mengimbau masyarakat yang mempunyai keluhan atau gejala-gejala dapat langsung menemui Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin terdekat. Berdasarkan data yang ia miliki, ia memberikan statement bahwa penyakit yang tinggi prevalensinya dan harus diwaspadai saat ini ialah HIV/AIDS dan penyakit menular seksual (IMS).

Tidak berhenti sampai disini, selepas sosialisasi dari UMS, rencananya ICMI juga akan melakukan sosialisasi ke beberapa Perguruan Tinggi (PT) berbagai daerah terkait bahaya perilaku menyimpang seksual sejenis. Hal ini selaras dengan tujuan ICMI sendiri yakni memulai dari generasi muda untuk membangun bangsa dan negara.

Reporter         : Tias Nur Aini

Editor              : Rifqah