Berisiko Roboh, Atap Parkiran FF UMS Diganti Fiber Glass

0
384

UMS, pabelan-online.com – Fakultas Farmasi (FF) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan renovasi atap parkiran dari genting ke fiber glass. Renovasi tersebut bertujuan untuk mengurangi resiko robohnya atap parkiran ketika musim hujan.

Salah seorang pekerja Bangunan, Pandi menuturkan bahwa renovasi atap parkiran di FF UMS ditujukan untuk mengantisipasi rusaknya struktur atau pondasi bangunan. Pemugaran atap dilakukan oleh empat orang kuli bangunan dan telah terlaksana 45 persen. Proses renovasi tersebut telah dikerjakan selama seminggu dan memakan waktu tujuh jam perharinya.

Pandi menambahkan, bahwa renovasi dilakukan hanya pada atap bangunan, bukan pada bangunan penyangganya. Atap bangunan diganti dari genting ke fiber glass, karena beban berat genting beresiko merobohkan tiang penyangganya, terutama saat musim hujan. Proses ini diperkirakan selesai dalam jangka waktu cukup lama.

Baca Juga Cegah Oknum Tak Bertanggungjawab, FEB UMS Konsisten Tiadakan Revisi KRS

Jumlah pekerja yang tidak sebanding dengan luasnya lahan parkir, menjadi alasan terhambatnya proses renovasi. “Mahasiswa yang berlalu lalang, dan menerobos masuk. Meskipun sudah ditutup, menghambat proses renovasi,” ujar Pandi, Kamis (19/9/2019).

Candra Setyawan, salah satu mahasiswa FF yang memarkirkan kendaraannya melihat proses renovasi tersebut membuat sejumlah kendaraan menjadi kotor dan berdebu, hasil dari pembongkaran atap bangunan parkir. “Percuma jika cuma diganti tok, kalo gak diimbangi dengan penambahan lahan. Jadi ya sama aja,” ungkap Candra ketika ditemui tim Pabelan Online, Jumat (20/9/2019).

Reporter: Mg_Mutia dan Mg_Agustina

Editor   : Alvanza Adikara J