Di Fakultas Ini, Ambil SKS Bisa Lebih Meski IPK Tak Cukup

0
288

UMS, pabelan-online.com – Meski IPK tak memenuhi, SKS bisa ditambah lebih dari batasnya. Isu penambahan SKS di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) bukan lagi isapan jempol. Hal itu dibenarkan mahasiswa FEB sendiri, namun disanggah oleh TU FEB UMS.

Pihak mahasiswa mengungkapkan kebenaran adanya pelayanan tambah SKS secara mandiri pada KRS di FEB UMS oleh pihak TU meskipun Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tak memenuhi. Namun, pihak TU menyangkalnya dan mengklarifikasi tidak melayani semua mahasiswa, tetapi hanya untuk angkatan lama, contohnya 2013-2015.

Popo Fuzan, selaku Ketua Tata Usaha (TU) FEB, berdalih tidak melayani penambahan SKS untuk mahasiswa semester awal dan aturan SKS seperti selayaknya masih diterapkan. Berdasarkan keterangannya, FEB memberlakukan hal tersebut karena tidak adanya sistem revisi KRS.

Perihal pelayanan tambah SKS ini bahkan sudah diketahui pimpinan fakultas, setelah sebelumnya diadakan diskusi yang berbuah pada kebijakan fakultas. “Hal itu sudah ada sejak dulu, dan termasuk legal,” tegasnya, Kamis (26/9/2019).

Sistematikanya bermula dengan pengecekan KRS terlebih dulu, kemudian dilihat sudah mengambil berapa SKS, dan ditanya transkrip, angkatan, hingga ingin menambah mata kuliah apa. Penambahan SKS pada KRS FEB tidak melalui sistem star UMS, melainkan melalui admin yang dikelola TU sendiri.

Baca Juga Mentoring Diremehkan, Kordum FEB UMS Ambil Tindak Tegas

Salah satu mahasiswa semester lima FEB yang tidak ingin disebut namanya, membenarkan jika penambahan SKS ini memang ada, walau ia baru mengetahuinya awal masuk semester lima. Dirinya mengaku telah menambah SKS secara mandiri ke TU beserta teman-temannya dan dilayani langsung oleh pihak TU.

“Langsung bilang ke TU aja kalau mau nambah SKS, nanti langsung dilayani,” ungkapnya, Kamis (26/9/2019).

Menurutnya, penambahan SKS secara mandiri ini berguna meningkatkan angka kelulusan karena hal itu mempengaruhi akreditasi. Selain itu, bisa membuat IPK memenuhi syarat minimum pengambilan skripsi.

Reporter           : Rifqah

Editor               : Alvanza AJ dan Annisavira P

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here