Penginput Data Lelah Jadi Faktor Salah Input Mata Kuliah

0
364

UMS, pabelan-online.com – Sempat beredar desas-desus di kalangan segelintir mahasiswa Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMS, mata kuliah Aspek Hukum Dalam Ekonomi (AHDE) akan dihapus.

Setiap awal pergantian semester, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) menjadi momen yang tak bisa dilewatkan. Tak terkecuali di FEB. Namun saat pengambilan mata kuliah di web star.ums.ac.id, ada yang berbeda kali ini.

Jika biasanya mata kuliah Aspek Hukum Dalam Ekonomi (AHDE) baru bisa dipilih saat semester genap, pada semester ganjil seperti sekarang malah muncul. Sehingga, mahasiswa bisa leluasa menekan tombol centang untuk mengambil mata kuliah yang mestinya tak ada di semester ganjil.

Kepala Prodi (Kaprodi) Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan segera mendeteksi adanya kekeliruan ini. Kaprodi pun mewanti-wanti mahasiswa agar tak mengambil mata kuliah AHDE dan sempat menyebut frase dihapus, dalam suatu kelas yang pernah diampunya.

Pernyataan dari kaprodi pun mengundang spekulasi dari mahasiswa, bahwa mata kuliah Aspek Hukum Dalam Ekonomi (AHDE) akan dihapus. Namun ternyata bukan dihapus, melainkan ada kesalahan input data pada STAR UMS.

Baca Juga Hanya Satu Komputer untuk Akses Nilai TOEP, LPIDB: Bukan Masalah Besar

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) IESP, Maya Maulida Hasyim. Pengolahan sistem data online yang salah berdampak pada error saat input mata kuliah. Hal ini berimbas pada kesalahpahaman mahasiswa yang mengartikan mata kuliah tersebut dihapus.

“Faktor lainnya (salah input) ya kelelahan dari penginput sendiri,” ungkap Maya, Rabu (30/9/2019).

Untuk mengatasi kesalahan input data yang baru terjadi pada tahun ini, Maya berencana meniadakan pembayaran mata kuliah AHDE. Selain itu, dirinya selaku Kaprodi, akan menyerahkan langsung pada bagian Tata Usaha. Bila hal ini terulang lagi, Kaprodi dan Tata Usaha yang akan bertanggungjawab langsung.

“Mata kuliahnya tidak dihapus, harusnya kan mata kuliah tersebut ada di semester genap, tidak di semester ganjil,” ujarnya.

Salah satu mahasiswa prodi IESP semester tujuh, Uci Langgeng Pinanggih menanggapi bahwa belum ada perubahan terkait mata kuliah AHDE dalam web star.ums.ac.id.

“Dulu saya mengambil makul (mata kuliah-red) itu di semester empat, namun setiap ujian, makul tersebut muncul dengan kategori makul semester tujuh. Nah dari situ sampai sekarang tidak ada perubahan,” jelasnya, Senin (30/9/2019).

Baca Juga Paparan Asap Karhutla Berisiko Tinggi Munculkan Gangguan Pernapasan

Reporter     : Wike Tri, Mutia, Munir, Rifki

Editor         : Senly Aprillina