Upaya UMS Hindari Ihwal Negatif Menyeruak Lingkungan Indekos

0
307

UMS, pabelan-online.com – Sebagai pencegahan terjadinya hal negatif di sekitar lingkungan indekos, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mewacanakan program sertifikasi indekos yang terletak di sekitar UMS.

Wakil Rektor (WR) III UMS, Taufik Kasturi mengonfirmasi hal tersebut. Demi memastikan indekos yang dituju mendukung tercapainya visi dan misi UMS, serta menciptakan lingkungan kondusif bagi mahasiswa UMS, terutama dari segi karakter dan akhlak dalam lingkungan masyarakat, begitulah kiranya tujuan program sertifikasi indekos ini.

Ia menyampaikan, dalam program sertifikasi indekos, UMS akan bekerja sama dengan Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), pemilik indekos, serta mahasiswa penghuni indekos. Ketika program ini sudah mempunyai konsep, mereka akan dimintai pandangan dan perannya mengenai sertifikasi indekos.

Indekos yang sudah tersertifikasi, dipastikan memadai dan sesuai dengan unsur-unsur yang ditetapkan oleh tim sertifikasi. “Mungkin nantinya indekos tersebut terdapat tanda bintang di depan indekos,” jelas Taufik, Senin (28/10/2019).

Baca Juga Seminar AAAC: Beri Mahasiswa Motivasi dalam Meraih Prestasi dan Berbisnis

Taufik menambahkan, untuk indekos yang tersertifikasi dengan baik akan dipromosikan oleh UMS sebagai tempat yang recommended (direkomendasikan–red) untuk mahasiswa dalam mencari indekos. Program sertifikasi indekos disusun oleh tim yang diketuai oleh Dekan Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI), Nurgiyatna, dan anggotanya yang terdiri dari Gustiono, Kholid, dan Nurhidayat.

Sebagai Ketua Tim Sertifikasi, Nurgiyatna menerangkan bahwa UMS nanti akan memastikan tempat indekos tersebut layak untuk dihuni, sehat secara fisik dan mental, tempatnya nyaman, dan adab pergaulannya selalu terjaga. “Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal negatif yang muncul di lingkungan indekos bebas,” tegasnya, Senin (28/10/2019).

Namun Nurgiyatna berujar, program sertifikasi indekos ini masih dalam tahap diskusi konsep dan perumusan. Maka dari itu perlu beberapa pertemuan untuk membahasnya.

Jody Yossa, selaku mahasiswa, mengaku setuju dengan adanya program sertifikasi indekos yang dicanangkan UMS. Ia menyarankan, program ini harus memiliki konsep yang baik dalam pengaplikasiannya, seperti memperhatikan keamanan dan kenyamanan mahasiswa.

“Jangan sampai ada sesuatu hal yang salah atau ada pihak yang dirugikan dalam pelaksanaannya,” harap mahasiswa yang akrab disapa Jody, Senin (28/10/2019).

Reporter         : Panji Lumintang

Editor             : Rifqah