Berkat Keberuntungan, UMS Raih Peringkat 157 Perguruan Tinggi Terbaik Asia

0
536

UMS, Pabelan-Online.com – Beruntungnya Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Asia ke-157 versi 4icu.org, karena program-program yang dikembangkan UMS kebetulan masuk dalam kriteria penilaian 4icu.org.

Lembaga Pemeringkat Perguruan Tinggi Internasional, 4icu.org merilis “Top 200 Universities In Asia 2019 Asian University Ranking”. UMS berada di urutan 157 PTS terbaik dari 200 PTS maupun Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Asia. 4icu.org sendiri merupakan lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia yang dapat dilihat dari skala global, region, maupun masing-masing negara.

Sofyan Anif, sebagai Rektor UMS mengungkapkan jika tidak ada usaha khusus untuk bisa menembus peringkat ke-157 versi 4icu.org. Namun kebetulan, UMS sedang mengembangkan berbagai program yang mana program tersebut menjadi indikator yang 4icu.org gunakan untuk penilaian.

Seperti, program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terdiri dari Program Akselerasi Doktor dan Akselerasi Guru Besar. Sofyan Anif mengaku, jika pihak kampus hanya menyediakan data-data pendukung saja, karena sebenarnya data-data yang diperlukan sudah ada di Dikti. “Namanya pangkalan data,” jelasnya, Kamis (05/12/2019).

Salah satu mahasiswi Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI), Elvhy Rahmatillah Imami mengakui bahwa itu merupakan hal yang bagus. Jika UMS menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia, seharusnya fasilitasnya lebih ditingkatkan lagi. “Kantinnya diperbanyak, nggak cuma satu aja,” ungkap Elvhy, sapaan akrabnya, Sabtu (07/12/2019).

Reporter         : Shaffira Nuur Fauziah, Alfrisa Renuat

Editor              : Rifqah