FIK UMS Produksi Hand Sanitizer untuk Cegah Covid-19

0
602

UMS, pabelan-online.com – Sebagai langkah pencegahan Covid-19 serta menyikapi kelangkaan Hand Sanitizer, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memproduksi Hand Sanitizer sendiri. Pembuatan ini hanya dipasarkan di area sekitar UMS dan disalurkan melalui kegiatan bakti sosial.

Gencarnya pemberitaan Covid-19  yang merebak di beberapa negara membuat kegelisahan bagi civitas academica UMS. Hal ini yang mendorong diadakannya rapat koordinasi antara pimpinan universitas dan pimpinan fakultas. Hal tersebut disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK), Mutalazimah.

Rapat menghasilkan beberapa keputusan, diantaranya imbauan agar seluruh fakultas mulai menyediakan Hand Sanitizer di tempat-tempat strategis. Namun, adanya fenomena persebaran Covid-19 ini mengakibatkan kelangkaan Hand Sanitizer di beberapa apotek terdekat.

Melihat hal ini, Mutalazimah segera berkoordinasi dengan jajaran staf laboran untuk membuat Hand Sanitizer dengan berdasarkan jurnal penelitian yang telah terpublikasi di provider jurnal internasional. “Tanggal 5 Maret, produk sendiri laboratorium kimia FIK sudah bisa digunakan,” tutur Mutalazimah, Kamis (12/3/2020).

Baca Juga: Sejarah NU dan Muhammadiyah dalam Film Jejak Langkah 2 Ulama

Sementara itu, Dekan Fakultas Farmasi (FF), Aziz Saifudin memaparkan bahwa produk Hand Sanitizer hanya dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan internal UMS dan beberapa didistribusikan melalui kegiatan bakti sosial. Produk Hand Sanitizer tidak dipasarkan secara komersial, dikarenakan adanya regulasi yang membatasi dan harus melalui proses registrasi panjang dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Kedepannya, FF juga akan membuat Hand Sanitizer jika memang dibutuhkan.

“Fakultas Farmasi bisa membuat Hand Sanitizer cukup dalam waktu 30 menit,” tukas Aziz Saifudin kala ditemui tim pabelan online, Kamis (13/3/2020).

Reporter         : Mg_Fadio dan Mg_ Nika

Editor             : Aprilia Aryani Dewi Kurniawati