Kembali Go International, Malimpa UMS Ekspedisi ke Benua Amerika

0
122

UMS, pabelan-online.com – Mahasiswa Muslim Pecinta Alam (Malimpa) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali go international, kali ini ekspedisi akan bertandang ke benua Amerika, yakni Ekuador. Ekspedisi  yang disebut Malimpa UMS International Expeditional (MUIE) ini dalam rangka menyemarakkan Muktamar Muhammadiyah ke-48.

Ekspedisi Malimpa ini bertujuan untuk mengembangkan diri dalam bidang pengalaman, penjelajahan, dan penelitian bagi para penjelajah muda sekaligus turut serta dalam menyemarakkan Muktamar Muhammadiyah ke-48. Untuk itu, beberapa simulasi juga telah dilaksanakan sebagai latihan operasional kegiatan di lapangan.

Berbeda dari ekspedisi yang telah terlaksana pada tahun 2018 silam, yakni ke Mongolia. Tahun ini Malimpa akan bertolak ke Gunung Chimborazo, Ekuador. Ekspedisi tersebut akan dilaksanakan pada pertengahan Juni.

Persiapan sudah dimulai dari awal tahun 2019 lalu. Persiapan dilakukan secara bertahap dan kini telah mencapai pada tahap tiga, yakni tahap akhir untuk penentuan atlet yang akan diberangkatkan. MUIE sendiri telah mengemas kegiatannya dalam bentuk penjelajahan dan riset.

“Nanti kami akan ada studi etika dan kebiasaan berbusana di masyarakat Ekuador. Tapi, nanti akan kami kemas dari sudut pandang Islam. Kemudian kami juga ada kunjungan ke Islamic Center yang ada di sana,” jelas ketua Malimpa tahun 2018, Iqbal Nuri Anam, Kamis (27/2/2020).

Baca JugaHidupkan Kembali Pos Diskusi Politik Kampus Lewat Diskusi Publik

Iqbal menjelaskan, bahwa peserta yang ikut andil dalam ekspedisi ini berasal dari anggota Malimpa yang memang sudah memiliki bakat, bekal, dan kemampuan terhadap bidang yang ada pada kegiatannya. Melalui empat tahapan seleksi, dengan jumlah pendaftar 22 orang dan kini hanya tersisa sebelas orang yang hendak menuju tahap seleksi terakhir.

“Harapan kami kedepannya ingin dengan adanya kegiatan ekspedisi ini dapat mengharumkan nama universitas dan bangsa di dunia penjelajahan alam bebas serta meningkatkan semangat pemuda dan pemudi untuk selalu berkreasi membuat suatu pencapaian yang lebih besar, tanpa mengganggu kegiatan akademik yang sedang dijalani,” harap Adi Prasetyo, Ketua Malimpa tahun 2020, Kamis (27/2/2020).

Reporter              : Wahyu Agustina

Editor                   : M. Sukma Aji