Ajarkan Strategi Bisnis, IMM Moh. Hatta UMS Gelar Seminar Nasional

0
121

UMS, pabelan-online.com – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Moh. Hatta Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) gelar seminar nasional yang bertajuk “Growing Business with Branding and How to Be a Great Digital Preneur”. Seminar ini bertempat di Ruang Seminar Gedung FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Seminar yang membahas mengenai bisnis serta strategi menjadi pebisnis profesional ini berlangsung pada Selasa, 10 Maret 2020. Guna mendukung tema yang diangkat, IMM Moh. Hatta mengundang Didik Arwinsyah, Dias Bahari Adhitama, dan Fauzi Yunanto sebagai pemateri.

Salah satu pemateri, Didik Arwinsyah mengingatkan bahwa pebisnis memerlukan kesiapan yang matang sebelum memulai, seperti memiliki mentor bisnis. Ia juga mengatakan, bahwa seorang pebisnis harus berani tampil beda dan mengikuti tren. “Lebih baik terlihat beda dibanding terlihat paling baik,” ujar Didik, Selasa (10/3/2020).

Lebih lanjut lagi, Didik menerangkan bahwa ada tiga kriteria guna mendukung marketing yang baik, yakni Butuh, Murah, dan Terbatas (BMT). Dalam hal ini, tiga kriteria itu dijalankan melalui empat wilayah digital marketing, seperti internet, media sosial, marketplace, dan forum.

Contohnya pada marketplace, di dalamnya terdapat Shopee yang menjadi salah satu situs belanja online ternama di Indonesia. Dias Bahari yang juga menjadi anggota Shopee mengatakan, bahwa pengguna Shopee mayoritas berasal dari Indonesia. Hal itu dikarenakan banyaknya kebutuhan masyarakat Indonesia yang juga disertai dengan tingkat pendapatan masyarakatnya.

Salah satu peserta yang menghadiri seminar tersebut, Imaranti Safitri menyampaikan tanggapannya terkait seminar yang telah digelar pada awal Maret lalu. Menurutnya, tips-tips dari pemateri sangat membantu dalam menyusun strategi bisnis. Ia juga berharap agar acara seperti ini dapat terus dilakukan dengan mendatangkan pebisnis lain yang sudah sukses di bidangnya.

“Kebetulan saya juga ingin membangun bisnis seperti usaha kuliner khas Indonesia,” tambahnya, Selasa (10/3/2020).

Dikesempatan yang sama, Fajar Prasetyo sebagai peserta seminar mengakui, jika dirinya mendapatkan semangat yang lebih setelah mengikuti seminar tersebut. “Saya terinspirasi dari Didik Arwinsyah dalam hal berbisnis,” ujarnya, Selasa (10/3/2020).

Fajar menambahkan, bahwa seminar yang digelar oleh IMM Moh. Hatta sukses membuat dirinya terkesan.

Reporter         : Mg_Rani, Mg_Mayra, dan Mg_Mardhonas

Editor             : Wahyu Agustina