Layanan BKPP UMS Belum Dimanfaatkan Secara Maksimal Oleh Mahasiswa

0
206

UMS, pabelan-online.com – Layanan Psikologi Biro Konsultasi dan Pemeriksaan Psikologis (BKPP) yang berada di Gedung Fakultas Psikologi (FP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) belum dimanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa UMS. Lantaran banyak mahasiswa yang menganggap jika masuk BKPP adalah orang-orang yang bermasalah.

BKPP merupakan lembaga semi provit yang dimiliki oleh FP, bertugas melayani asesmen psikologi, training, konseling, psikotes dalam rangka recruitment maupun psikotes individual, tes Intelligence Quotient (IQ), dan konseling  karier maupun konseling keluarga.

Namun, mahasiswa belum maksimal dalam memanfaatkan layanan di BKPP tersebut. Karena belum ada 50% dari klien mahasiswa UMS yang datang, bahkan dalam satu bulan hanya satu atau dua yang datang. Hal tersebut diungkapkan oleh Etik Rahmawati, selaku Kepala BKPP UMS.

Etik mengakui, bahwa sebagian besar klien BKPP justru berasal dari luar UMS lantaran masih banyak mahasiswa yang menganggap bahwa masuk BKPP itu identik dengan orang-orang yang bermasalah, padahal di BKPP sendiri tak melulu mengenai konseling saja.

“Persepsi-persepsi bahwa yang masuk BKPP  adalah orang-orang yang bermasalah itu sangat tidak benar,” ujarnya saat ditemui tim pabelan online, Kamis (12/3/2020).

Baca Juga: Setelah Proses Pengajuan Banding, Akhirnya Prodi Ilmu Gizi UMS Mendapat Akreditasi A

Di akhir wawancara, Etik mengatakan bahwa mahasiswa tidak perlu khawatir apabila ingin mengunjungi BKPP karena identitas klien akan selalu dirahasiakan, sesuai dengan kode etik psikolog. Untuk janjian konseling juga bisa dilakukan lewat media sosial, seperti whatsapp dan bisa berkunjung juga pada sore hari.

Haura Dwi Rafidah, salah satu mahasiswi FP berpendapat, bahwa belum banyak mahasiswa yang mengetahui mengenai adanya BKPP dan layanannya. “Aku sih belum pernah lihat ada  mahasiswa yang emang khusus konsultasi ke sana,” ungkapnya, Jumat (13/3/2020).

Reporter         : Ani Sariski

Editor             : Rifqah