Galang Donasi, Mahasiswa Teknik Kimia UMS Targetkan 200 Liter Hand Sanitizer

0
210

UMS, pabelan-online.com – Mahasiswa S1 dan S2 Fakultas Teknik (FT) Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) galang donasi berupa hand sanitizer dan sabun cuci tangan yang ditujukan ke Rumah Sakit dan masyarakat se-Solo Raya. Kegiatan amal tersebut mendapat dukungan penuh dari Kepala Prodi (Kaprodi) Teknik Kimia UMS.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Tri Harmoko, selaku mahasiswa S2 Teknik Kimia UMS sekaligus penggagas kegiatan tersebut. Ia mengatakan, bahwa dukungan tersebut berupa bantuan dana serta bahan untuk membuat hand sanitizer dan sabun cuci tangan. Kegiatan tersebut tak hanya mendapat dukungan dari Kaprodi Teknik Kimia UMS saja, tetapi juga dari dosen pembimbing kegiatan.

Tri menambahkan, bahwa kegiatan ini membuka penggalangan dana dari masyarakat yang ingin membantu, baik dalam bentuk uang ataupun barang. Ia juga berharap agar masyarakat dapat turut serta membantu keberlangsungan kegiatan ini agar dapat terus terlaksana.

“Penggalangan dana sampai saat ini masih kami buka,” terangnya ketika dihubungi tim pabelan online via whatsapp, Senin (30/3/2020).

Ketua Kegiatan serta mahasiswa S1 Teknik Kimia UMS, Febri Agung turut mengungkapkan ide awal dari kegiatan donasi tersebut. Febri mengatakan, bahwa ide tersebut muncul karena kekhawatiran terhadap pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang sudah menyebar di Indonesia beberapa minggu terakhir dan menyebabkan kepanikan pada masyarakat.

Lebih lanjut lagi, Febri mengatakan bahwa hal tersebut segera disadari oleh mahasiswa S1 dan S2 Teknik Kimia UMS yang dilanjutkan dengan rencana membantu menyediakan hand sanitizer dan sabun cuci tangan. Ia menjelaskan, bahwa nantinya bantuan hand sanitizer lebih ditujukan kepada Rumah Sakit dan lapisan masyarakat, seperti Polisi dan Satpam.

Sedangkan bantuan berupa sabun cuci tangan akan dibagikan kepada masyarakat dan masjid sekitar UMS. “Bantuan tersebut kami berikan secara gratis,” tambah Febri melalui whatsapp, Senin (30/3/2020).

Febri juga mengatakan, bahwa kegiatan amal tersebut sudah dimulai sejak 20 Maret 2020, hingga saat ini telah memproduksi 50-60 liter hand sanitizer dan 75 liter sabun cuci tangan yang ditargetkan mencapai 200 liter.

Baca Juga: Cegah Pandemi Covid-19, Kemendikbud Undang Mahasiswa Jadi Relawan

Ia menambahkan, bahwa kegiatan tersebut sampai saat ini masih berlangsung dan masih aktif memberikan donasi berupa hand sanitizer kepada Rumah Sakit yang membutuhkan.

Dihubungi pada kesempatan yang berbeda, Ismail Alfarisi selaku mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) UMS turut menanggapi kegiatan yang digalang oleh mahasiswa S1 dan S2 Teknik Kimia UMS.

Menurut Ismail, kegiatan tersebut sangat baik dan perlunya mendapat dukungan lebih dari pihak UMS. Ia berpendapat bahwa kegiatan amal ini telah sesuai dengan tujuan Muhammadiyah untuk saling menolong.

“Ini merupakan kegiatan yang baik, karena menolong sesama ialah salah satu tujuan Muhammadiyah, termasuk di bidang kesehatan,” jelas Ismail pada tim pabelan online melalui whatsapp, Minggu (29/3/2020).

Reporter         : Sarah Dwi Ardiningrum

Editor             : Novali Panji Nugroho