Seminggu Diretas, Situs Web Ormawa UMS Masih Belum Dapat Diakses

0
351

UMS, pabelan-online.com Situs web Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), yakni ormawa.ums.ac.id mengalami peretasan pada Senin, 13 April 2020. Akibatnya laman Ormawa UMS tidak dapat diakses selama beberapa hari dan harus masuk tahap perbaikan.

Situs resmi yang baru diluncurkan tahun ini oleh Bagian Kemahasiswaan (Bagmawa) untuk mewadahi program kerja dan publikasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UMS mengalami peretasan. Hingga saat ini situs web resmi milik Bagmawa itu masih dalam tahap perbaikan dan belum dapat diakses.

Menurut penjelasan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMS, Danang Maulana, selaku  orang pertama yang menyadari adanya peretasan mengungkapkan bahwa peretasan terjadi pada hari Senin pukul 19.30 WIB. Kala itu, Danang tengah membuka situs web untuk menambahkan beberapa informasi baru mengenai BEM. Setelah menyadari bahwa situs telah diretas, Danang lantas segera menghubungi pihak staf Informasi dan Teknologi UMS.

“Waktu itu saya langsung lapor dan mengingatkan jangan sampai data Ormawa bocor,” tutur Danang kala dihubungi melalui Whatsapp message, Kamis (16/4/2020).

Baca Juga: Prosesi Wisuda Periode Tiga UMS Ditunda, Ijazah dan Transkrip Dikirim Via Pos

Sementara itu, Fajar Hari Prabowo selaku staf Kemahasiswaan Information Technology (IT) UMS membenarkan adanya peretasan tersebut. Peretasan ini mengakibatkan situs terpaksa harus diperbaiki guna menstabilisasi dan memperbarui sistem keamanan agar kedepannya tidak terjadi lagi peretasan. “Saat ini kami sedang mencari solusi untuk menutup celah,” ungkap Fajar melalui Whatsapp, Jumat (17/4/2020).

Fajar Hari menegaskan bahwa fokus tim IT UMS saat ini adalah meningkatkan keamanan sistem dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab. Bukan hanya situs Ormawa UMS saja yang akan diperbarui sistem proteksinya, tetapi juga seluruh situs web milik UMS.

Peretasan yang terjadi di situs Ormawa UMS hanya menyebabkan terjadinya kelemahan pada cara kerja sistem situs, sedangkan untuk data-data di dalamnya terkait Ormawa telah diamankan. “Terkait data-data informasi sudah kita backup,” terangnya.

Menanggapi hal ini, Aditya Putra Yusanta selaku ketua Pengembangan Prestasi dan Riset Mahasiswa (Prisma) UMS menyayangkan adanya peretasan situs web Ormawa UMS, karena situs web Ormawa UMS adalah tempat bagi mahasiswa untuk mendapatkan informasi mengenai aktivitas atau program kerja Ormawa di UMS.

“Ada baiknya pihak kampus meningkatkan sistem keamanan semua website (situs web-red) yang memuat informasi-informasi penting bagi mahasiswa, agar kasus hacking seperti ini tidak terulang lagi,” komentarnya melalui Whatsapp, Jumat (17/4/2020).

Reporter         : Aprilia Aryani Dewi K

Editor              : M. Sukma Aji