Dakon UPPM FIK UMS Bersama Hanny Ensa: Meraih Rida-Nya Dalam Perjalanan Dakwah

0
222

UMS, pabelan-online.com – Agar tetap produktif di rumah selama pandemi, Unit Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Dakwah Online (Dakon) via live Instagram, membahas seputar proses hijrah dan perjalanan dalam berdakwah. 

UPPM FIK mengadakan Dakon dengan mengusung tema “Perjalanan Dakwah Bersama Hanny Ensa” bertujuan untuk mengajak mahasiswa dan masyarakat umum agar tetap produktif mengikuti kajian, meskipun berada di rumah. Kajian tersebut menghadirkan Hanny Ensa, selaku founder Tulisan Ensa sebagai pembicara.

Pada awal diskusi, Ensa menceritakan bagaimana awal mula dirinya mendapatkan hidayah. Ensa mengatakan, bahwasanya hidayah tersebut bermula dari putus cinta yang ia alami dan kegagalan dalam menempuh Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) serta Ujian Mandiri (UM).

Karena itu, Ensa memutuskan untuk gap year dan mengisi waktu luang dengan mengikuti berbagai macam komunitas. Dari berbagai komunitas yang ia ikuti, Ensa merasa hatinya nyaman dan terkesan dalam komunitas dakwah. Sejak saat itu ia memutuskan untuk hijrah dan berdakwah.

Selain itu, Ensa juga memaparkan bahwa selama ini jalan dakwah yang dilaluinya tidaklah berjalan mulus, celaan dan hujatan terkadang didapatinya.

“Jikalau seorang pendakwah mendapatkan perlakuan tersebut, justru tidak perlu dipermasalahkan karena pada kenyataanya, Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT pun masih mendapatkan perlakuan tersebut,” tuturnya saat Dakon berlangsung pada 13 Mei 2020, Rabu (13/5/2020).

Baca Juga: Perpustakaan UMS Tutup Kunjungan Fisik dan Layani Melalui Mekanisme Daring

Ia menambahkan, bahwa dalam berdakwah penting untuk selalu meniatkan diri agar ikhlas mengharap rida-Nya serta senantiasa mengevaluasi diri untuk menjadi insan yang lebih baik. Menurutnya, untuk menjadi pribadi yang lebih baik diperlukan lingkungan yang baik juga dan selektif dalam pertemanan.

“Itulah gunanya teman setelah iman, karena iman kita bakal tumbuh karena teman atau bakal runtuh karenanya,” ungkapnya di live Instagram, Rabu (13/5/2020).

Selaku founder Tulisan Ensa, dirinya aktif berdakwah melalui tulisan dari berbagai kajian yang diikutinya, dengan cara mengunggahnya di Instagram. Hal itu dilakukan Ensa karena mengingat masih banyak yang terhalang menghadiri kajian langsung serta agar bermanfaat bagi sesama.

Terakhir sebagai penutup, Ensa berpesan untuk selalu mendengarkan atau mendatangi kajian-kajian sebagai penguat keimanan.

Salah satu peserta live Instagram Dakon, Aulia Alfatihah mengungkapkan bahwa acara tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya maupun peserta lain.

Selain itu, Aulia berpendapat bahwa dengan adanya dakwah online ini dapat menjadi pengingat untuk menjadi organisatoris muslim yang tidak akan jauh-jauh dengan yang namanya dakwah memperjuangkan agama Allah SWT.

“Serta pentingnya habluminallah (hubungan dengan Allah –red) dan habluminannas (hubungan dengan manusia –red),” ujarnya saat diwawancarai oleh tim Pabelan Online via WhatsApp,  Kamis (14/5/2020).

Reporter         : Earleanne Typhano R.

Editor             : Mulyani Adi Astutiatmaja