UMS Raih Peringkat ke-11 Universitas Terbaik di Indonesia dari 573 Institusi Pendidikan Tinggi Indonesia

0
253

UMS, pabelan-online.com – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menunjukkan kualitasnya dengan mendapatkan gelar salah satu universitas terbaik di Indonesia. Melalui laman 4icu.org, UMS tercatat menempati peringkat ke-11 dari 573 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia versi Lembaga Pemeringkat Internasional, UniRank.

Dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh UniRank melalui laman 4icu.org tersebut tidak melibatkan prosedur yang mengharuskan pihak universitas mendaftarkan diri. Pemeringkatan dilakukan secara independen dari laman tersebut. Hal tersebut diungkapkan oleh Muhammad Da’i, selaku Wakil Rektor I UMS.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada lembaga tersebut yang telah melakukan perangkingan perguruan tinggi di Indonesia,” ungkapnya ketika diwawancarai via WhatsApp, Rabu (3/6/2020).

Dalam menyikapi keberhasilan tersebut, Muhammad Da’i berharap agar bisa meningkatkan mutu lulusan dengan melaksanakan program peserta magang bersertifikat.

Muhammad Da’i juga menjelaskan, bahwasanya UMS membangun kualitas secara autentik. Ukuran utama yang dijadikan patokan dalam meningkatkan kualitas yakni berupa produk akademik, seperti lulusan, karya ilmiah ataupun produk lain yang diakui oleh masyarakat luas.

Baca Juga: Aspirasi Mahasiswa Harus Dikawal dan Digaungkan

Rahmadhina Arka Angganawati, salah satu mahasiswi Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) menanggapi hal tersebut dengan baik. Rahmadhina atau yang akrab dipanggil Dhina ini merasa bangga atas pencapaian yang diraih UMS.

Ia berharap agar UMS dapat mempertahankannya atau bahkan meningkatkan prestasi yang telah diraih saat ini. “Semoga para stakeholder tidak perlu ragu lagi untuk masuk ke UMS dan yakin bahwa melalui UMS, kita juga bisa mencapai kesuksesan yang besar,” tutur Dhina, Rabu (3/6/2020).

Reporter         : Aprilia Aryani Dewi K

Editor             : Rifqah