BEM-U Temui WR III untuk Sampaikan Tuntutan Mahasiswa Umum di Tengah Pandemi

0
302

UMS, pabelan-online.com – Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Danang Maulana menemui Wakil Rektor (WR) III UMS, Taufik Kasturi pada Kamis, 4 Juni 2020. Pertemuan tersebut membahas isu-isu kemahasiswaan di tengah pandemi saat ini.

Pertemuan antara Presiden BEM-U dengan WR III tersebut dimaksudkan untuk menyampaikan beberapa tuntutan mahasiswa umum UMS di tengah pandemi. Pertemuan tersebut kemudian menghasilkan beberapa kesimpulan terkait tuntutan yang disampaikan.

Dilansir dari akun Instagram @bem.ums, hasil pertemuan Presiden BEM-U dengan WR III mengenai salah satu tuntutan mahasiswa umum, yakni belum adanya penyediaan platform khusus untuk kuliah daring. Kemudian menghasilkan kesimpulan, bahwa terkait hal tersebut pihak Information Technology (IT) UMS masih mengusahakannya.

Tuntutan mahasiswa umum yang lain, yakni mengenai pemberian tugas dari dosen tanpa pemberian materi. Kemudian dari hal tersebut dilakukan evaluasi perkuliahan daring dan dosen sudah diberi teguran keras dari pihak universitas.

Pertemuan itu juga membahas perihal pemotongan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sebesar Rp 200.000. Kemudian menghasilkan kesimpulan, bahwa mengenai hal itu akan dibahas lebih lanjut dalam audiensi bersama antara Rektor, WR I, WR III, BEM-U, hingga BEM Fakultas se-UMS.

Dalam hal ini, BEM-U bertugas mengkoordinasi BEM Fakultas untuk melakukan audiensi lebih lanjut dengan pihak rektorat.

Baca Juga: FIK Menyapa: Jaga Hubungan Antara Mahasiswa dan Pimpinan FIK UMS

Terakhir, membahas mengenai pelaksanaan kebijakan new normal di UMS. Hal ini menghasilkan kesimpulan, bahwasanya pihak kampus akan mempersiapkan beberapa gedung untuk proses pembelajaran yang akan diinformasikan secepatnya oleh pihak rektorat.

Dihubungi via WhatsApp oleh tim Pabelan Online, Sarmila Alma Naila, salah satu mahasiswi Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi UMS berharap agar pihak universitas segera memperbaiki fasilitas kuliah daring, mengingat Ujian Akhir Semester (UAS) akan segera dilaksanakan. Ia juga berharap agar kebijakan new normal tidak memberatkan mahasiswa.

“Banyak mahasiswa dari luar provinsi dan banyak surat keterangan yang harus diurus serta butuh biaya. Semoga pihak kampus mengambil keputusan terbaik,” harap Sarmila, Sabtu (6/6/2020).

Reporter         : Annisa Nur Aisyah

Editor             : Novali Panji Nugroho