Maksimalkan Penggunaan Wi-Fi Kampus, BTI UMS Terapkan Sistem Portal Wi-Fi

0
197

UMS, pabelan-online.com – Untuk proteksi keamanan fasilitas Wi-Fi (Wireless Fidelity) gratis, Biro Teknologi Informasi (BTI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) terapkan sistem portal Wi-Fi, agar dapat digunakan oleh civitas akademika UMS secara optimal.

Kebijakan yang berlaku mulai tanggal 15 Juni 2020 lalu tersebut dibenarkan oleh Kepala Biro Teknologi Informasi (BTI), Husni Thamrin. Husni mengungkapkan alasan BTI memutuskan memberlakukan kebijakan portal Wi-Fi pada akses jaringan Internet UMS, yakni untuk memaksimalkan penggunaan jaringan internet civitas akademika UMS secara efektif dan positif.

Dengan adanya keputusan ini juga, pihak BTI mampu memantau sistem kerja Wi-Fi UMS secara menyeluruh, serta mampu mendata laman internet apa saja yang mayoritas diakses oleh civitas akademika UMS.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar bisa mengakses internet yang telah terproteksi oleh portal Wi-Fi. Setelah pengguna menyambungkan jaringan Wi-Fi di perangkat elektronik mereka masing-masing, maka pengguna akan diarahkan untuk mengisi username dan password yang telah diberikan pihak BTI.

Baca Juga: Bahas Kuliah Online dari Perspektif Mahasiswa dan Dosen

Untuk username tenaga pengajar dan karyawan menggunakan identitas yang tercantum di UniID, sedangkan untuk username mahasiswa menggunakan Nomor Induk Mahasiswa (NIM). “Untuk yang belum mendapatkan username bisa menghubugi pihak IT HelpDesk,” terang Husni kala diwawancarai tim Pabelan Online, Rabu (10/6/2020).

Salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang tak mau disebut namanya ini mengungkapkan, bahwa dirinya menyambut dengan respons positif keputusan yang diambil BTI UMS. Lantaran ia menganggap, dengan adanya sistem portal Wi-Fi ini akan semakin memaksimalkan potensi jaringan internet yang dapat digunakan mahasiswa.

“Semoga jangkauan jaringannya lebih luas, karena dibeberapa gedung fakultas jangkauan jaringan Wi-Fi sangatlah kurang dan semoga jaringan ini kedepannya dapat diakses selama 24 jam penuh untuk mendukung kegiatan mahasiswa,” harapnya, Rabu (10/6/2020).

Reporter         : Aprilia Aryani Dewi K

Editor             : Rifqah