Jalanan Menco yang Mulai Ramai Menjadi Alasan Kopma UMS Buka Kembali

0
117

UMS, pabelan-online.com – Setelah beberapa waktu tutup karena pandemi, kini Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka kembali Kopma Mart yang bertempat di Jl. Menco Raya 19 B, Gonilan, Pabelan Kartasura. Usaha untuk memfasilitasi mahasiswa dan masyarakat sekitar berbelanja ini dibuka kembali lantaran jalanan Menco yang mulai ramai.

Selaku Ketua Kopma, Amaroh Uun Setiawan mengatakan bahwa alasan utama Kopma Mart dibuka karena beberapa anggota Kopma telah mempertimbangkannya dan survei langsung ke daerah Menco yang saat ini sudah mulai ramai kembali.

Amar mengungkapkan, jika kondisi sekitar Menco berubah menjadi tidak stabil dan mulai sepi kembali, maka Kopma akan mempertimbangkan untuk menutup sementara Kopma Mart sampai keadaan kondusif kembali.

“Untuk saat ini, alhamdulillah masih stabil karena kita juga melihat dari sisi pengeluaran, seperti listrik, jika pengeluaran lebih besar, lama kelamaan kerugian akan bertambah,” ungkapnya, Rabu (10/6/2020).

Saat diwawancarai via WhatsApp, Amar menjelaskan mengenai masalah waktu buka dan tutup Kopma Mart yang mengalami perubahan, awalnya Kopma Mart dibuka dari jam 07.00-23.00 WIB, tetapi ketika new normal ini hanya buka sampai jam 22.00 WIB.

Baca JugaKajian Spesial Syawal, IMM Shabran Bahas tentang Tafsir Al-Qur’an

Amar juga mengatakan, bahwa saat ini part time untuk anggota Kopma tidak ada, Kopma Mart hanya dijaga oleh dua karyawan non mahasiswa yang bergantian shift kerja. Dalam waktu satu minggu, Kopma Mart memiliki satu hari libur.

“Kami akan analisis dulu hari Sabtu dan Minggu omzet yang paling kecil dihari apa, jika yang kecil hari Minggu, maka kita tutup dihari Minggunya,” tuturnya, Rabu (10/6/2020).

Di akhir wawancara, Amar sempat mengungkapkan bahwa dari hari Senin lalu sampai saat ini, Kopma Mart setiap harinya masih memiliki pemasukan dan kebanyakan yang berbelanja adalah mahasiswa.

Yanuar Fajrul Falah, salah satu mahasiswa Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) UMS menyampaikan pendapatnya mengenai dibukanya kembali Kopma Mart. Ia mengatakan, bahwa bukanya Kopma Mart merupakan suatu hal yang bagus, mengingat masih banyaknya mahasiswa UMS yang belum sempat pulang.

“Kopma Mart harus tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19, seperti menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta pegawai maupun pengunjung wajib menggunakan masker dan jaga jarak,” pesannya saat diwawancarai oleh tim Pabelan Online, Jumat (12/6/2020).

Reporter         : Mulyani Adi Astutiatmaja

Editor             : Rifqah