Ajarkan Islamic Parenting Ala Rasulullah, IMM Al-Ghozali UMS Gelar Seminar Online

0
80

UMS, pabelan-online.com – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Al-Ghozali Fakultas Psikologi (FP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) gelar seminar online dengan temaIslamic Parenting serta Peran Keluarga dalam Masa Pandemi” pada Minggu, 14 Juni 2020. Seminar ini berisi tentang metode mendidik anak menurut Islam.

Seminar yang berlangsung via platform Zoom meeting ini menghadirkan dua orang pemateri, yakni Isnaya Ariana Hidayati dan Sri Lestari, keduanya merupakan dosen Psikologi UMS.

Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah, salah satu ilmu yang harus dikuasai adalah ilmu parenting. Parenting secara umum adalah ilmu tentang mendidik, mengasuh dan membimbing anak dengan benar dan tepat. Mengingat pentingnya ilmu ini, siapapun yang menjadi dan akan menjadi orang tua seyogianya mempelajari ilmu ini.

Isnaya Arina Hidayati menjelaskan, Islamic parenting merupakan pengasuhan dan pendidikan anak selama proses tumbuh kembangnya yang terjadi dalam keluarga, disesuaikan dengan nilai-nilai Islam yang berdasarkan Al-Quran dan metode-metode mendidik anak sesuai dengan hadis, yakni mendidik ala Rasulullah.

“Sebagai orang tua seharusnya menanamkan kepada anak tentang nilai-nilai Islam dalam berkehidupan, sekaligus membiasakannya sejak dini,” jelasnya, Senin (15/6/2020).

Lebih lanjut, Isnaya menjelaskan mengenai metode Nabi dalam mendidik anak, yakni Qudwah hasanah atau memberi contoh yang baik, bersikap adil, memberi pujian dan peringatan, menunaikan hak anak, dan mendoakan.

Meskipun tidak mudah dan pasti akan banyak kendala selama prosesnya, ia menasihati untuk tetap istikamah dan jangan lelah menerapkan dan mengajarkannya kepada anak. Seperti yang kita tahu, karakteristik anak berbeda satu dengan yang lain, kita harus yakinkan kembali pada diri kita bahwa setiap anak terlahir dengan dibekali fitrah-fitrah yang baik oleh Allah SWT.

Penyelenggara dan pemateri berharap, dengan diadakannya seminar ini dapat menjadi sarana belajar bagi calon orang tua atau yang sudah menjadi orang tua. Isnaya juga bersemoga agar seminar ini dapat mengingatkan kembali bahwa kita punya role model ideal yang patut kita teladani, terutama dalam hal parenting yaitu Rasulullah Muhammad SAW.

“Dalam rangka menjaga amanah Allah untuk menjadi generasi penerus berkepribadian Islami, InsyAllah akan menjadi tabungan amal kita di akhirat kelak,” imbuhnya, Senin (15/6/2020).

Baca Juga: Desember 2021 Akreditasi A Berakhir, UMS Lakukan Konversi Menuju Akreditasi Unggul

Elvira Khori Ulni, salah satu peserta seminar yang berasal dari Sumatera Barat mengatakan, dengan mengikuti seminar parenting ini ia dapat menambah wawasan, pengalaman, dan relasi.

Menurutnya, orang tua dalam mengajarkan Islamic parenting kepada anak dapat dimulai dengan menjadikan diri mereka sebagai role model yang Islamic dan menerapkan nilai-nilai ini di lingkungan keluarga, tentunya dengan berlandaskan Al-Quran dan berasaskan sunah rasul.

“Terus menggali ilmu pengetahuan tentang Islamic parenting, sebagai bekal menjadi orang tua, praktisi, ataupun pengembang pendidikan anak usia dini,” jelasnya, Minggu (14/6/2020).

Ia juga mengaku, seminar parenting ini sangat berkesan dan berharap ilmu yang baru ia serap dapat menjadikannya pribadi yang senantiasa memperbaiki diri dan menerapkan Islamic parenting jika sudah berkeluarga kelak.

Reporter         : Rika Tri Amalia

Editor             : Hanif Afifah