Geography’s Meme Battle: Kritik Fakultas Melalui Sebuah Kreativitas

0
107

UMS, pabelan-online.com – Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Geografi (FG) menggelar kompetisi bertajuk Geography’s Meme Battle (Gembel) sebagai wadah aspirasi mahasiswa dan sebagai ajang kompetisi bagi mahasiswa FG untuk memenangkan hadiah. Kompetisi berlangsung dari tanggal 2 Juni hingga 11 Juni 2020 lalu.

Rencana awal DPM FG yaitu membuat sesuatu yang berbeda, seperti lomba pantun jenaka karena kompetisi meme ini sudah pernah diadakan oleh DPM Fakultas Psikologi (FP). Namun, karena kurang menarik minat dan dirasa dapat membuang waktu, akhirnya panitia memilih kompetisi meme, sama halnya yang dilakukan DPM FP.

Ketua Umum DPM FG, Aditya Bagus Chatria mengungkapkan bahwa tujuan kompetisi ini untuk menjaring aspirasi mahasiswa FG yang mempunyai kritik dan saran dalam berbagai keluhan melalui sebuah kreativitas.

“Dari internal yang bingung menggunakan dana operasional, masalahnya semua agenda kita laksanakan secara daring dan tidak mengeluarkan biaya, makanya kita berpikir untuk membuat lomba berbasis aspirasi,” ungkap Aditya, Jumat (12/6/2020).

Ia menjelaskan, bahwa kompetisi dilaksanakan untuk memeriahkan acara tahunan Forum Aspirasi Mahasiswa (Fosma) DPM FG. Acara yang menghadirkan pimpinan fakultas, dengan peserta teman-teman Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan mahasiswa umum untuk membahas keluhan mahasiswa.

Baca Juga: Ajarkan Islamic Parenting Ala Rasulullah, IMM Al-Ghozali UMS Gelar Seminar Online

DPM FG membuka kesempatan bagi mahasiswa FG untuk berkompetisi memenangkan hadiahnya karena cukup membantu untuk tambahan kuota di saat kondisi seperti sekarang, yang semua dilakukan secara daring.

Ia juga menambahkan, bahwa dalam pelaksanaan kompetisi, kendala utama adalah dalam hal publikasi karena jumlah pengikut akun media sosial DPM FG belum terlalu banyak, sehingga dalam memublikasikan kompetisi tersebut lebih difokuskan melalui grup WhatsApp.

Sebelas mahasiswa yang mengikuti kompetisi meme kebanyakan diikuti dari mahasiswa angkatan 2019. “Saat ini sedang proses penilaian, besok setelah acara Fosma akan diumumkan, tanggal 13 pengumumannya,” tambahnya.

Salah satu mahasiswa FG, Anya Savira, mengungkapkan bahwa dengan diadakannya kompetisi meme ini dapat mengasah keterampilan mahasiswa FG, sehingga bakat yang dimiliki dapat dikembangkan. “Harapan saya untuk acara DPM FG selanjutnya dapat menjadikan mahasiswa lebih terampil,” pungkasnya, Jumat (12/6/2020).

Reporter         : Widia Arum Pratiwi

Editor              : M. Sukma Aji