Subsidi Kuota Data Gratis dari Kemendikbud untuk Mahasiswa dan Dosen

0
209

UMS, pabelan-online.com – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mulai menindaklanjuti kebijakan yang baru-baru ini telah ditetapkan oleh Kementrian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang mana Kemendikbud menyediakan subsidi kuota data gratis untuk mahasiswa dan dosen. Hingga saat ini, pihak UMS telah melakukan pendataan kepada seluruh mahasiswa dan dosen.

Pembelajaran daring masih dilakukan hingga sekarang karena pandemi yang tak kunjung mereda. Tentunya dengan pembelajaran daring ini, mahasiswa membutuhkan kuota yang bisa dibilang tidak sedikit karena banyaknya platform yang sering digunakan untuk kegiatan pembelajaran, seperti Zoom, Google Meet, dan kawan-kawannya yang lumayan menyedot kuota.

Maka dari itu, selain menerapkan sistem “Belajar dari Rumah”, Kemendikbud juga memberikan bantuan subsidi kuota gratis untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Bantuan subsidi kuota ini didapatkan dengan cara memasukkan data nomor telepon terbaru di instansi pendidikan masing-masing, seperti UMS yang sudah menyediakan kolom Update No HP di laman web masing-masing dosen dan mahasiswa.

Muhammad Da’i, selaku Wakil Rektor (WR) I UMS membenarkan adanya rencana pemberian subsidi kuota data gratis kepada mahasiswa dan dosen diseluruh Indonesia. Jumlah kuota data yang akan dibagikan yaitu sebesar 50 GB untuk mahasiswa dan sebesar 30 GB untuk dosen. “Ya, benar, ini merupakan kebijakan baru dan kami berusaha secepat mungkin mensosialisasikannya,” tuturnya, Sabtu (5/9/2020).

Menurut pemaparan dari Muhammad Da’i, sejauh ini, informasi yang baru bisa didapatkan hanya mengenai pengumpulan data nomor provider terbaru dan valid yang digunakan seluruh mahasiswa dan dosen di perguruan tinggi. Pemberian subsidi kuota data gratis ini akan diterapkan pada semua jenis provider yang digunakan oleh mahasiswa dan dosen diseluruh Indonesia.

Pendataan nomor telepon yang terbaru, bagi mahasiswa diakses melalui laman starums.ac.id, sedangkan untuk dosen melalui lama sistarums.ac.id.

Pendataan ini juga sempat mengalami kendala dikarenakan tenggat waktu pengumpulan data yang relatif pendek. Hal inilah yang membuat pihak UMS mau tidak mau harus berpacu dengan waktu.

Alya Tamirra Husna, salah satu mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menyambut baik kabar gembira ini. Ia mengungkapkan, bahwa dirinya merasa sangat senang dengan adanya kebijakan pemberian subsidi kuota gratis tersebut. “Semoga saja ini tidak hanya diberlakukan untuk jangka pendek karena akan memberikan kesan seperti harapan palsu bagi kami,” harap Alya, sapaan akrabnya, Sabtu (5/9/2020).

Reporter         : Aprilia Aryani Dewi K

Editor             : Rifqah         

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here