Mahasiswa Alami Kendala Aktivasi SSO, Kepala IT: Sosialisasi Sudah Efektif

0
228

UMS, pabelan-online.com – Pada semester gasal ini, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) resmi menggunakan media pembelajaran baru dengan platform Open Learn­ing (OL) sebagai Learning Management System (LMS), yang mana hal tersebut  membutuhkan aktivasi Single Sign On (SSO) agar bisa mengakses platform OL. Namun, masih banyak mahasiswa yang kesulitan aktivasi SSO.

Platform OL telah resmi sebagai LMS di UMS dan sudah menjadi langganan, serta sudah memiliki Momorandum of Understanding (MoU), yakni semacam perjanjian kerja sama. UMS mendapat akses ke sistem OL dan diberi akun sebagai portal administrator, sehingga bisa menggunakan nama domain sesuai Nomor Induk Mahasiswa (NIM).

Itulah yang mendasari mahasiswa harus melakukan aktivasi SSO dengan email UMS saat mendaftar di OL. Jika sudah memiliki email UMS, maka bisa langsung didaftarkan.

Namun, masih banyak keluhan dari mahasiswa terkait aktivasi SSO. Kesulitan aktivasi tersebut menyebabkan banyak mahasiswa belum bisa mengakses akun OL, padahal perkuliahan sudah mulai aktif kembali.

Selaku Kepala Information Technology (IT) UMS, Husni Thamrin mengungkapkan bahwa untuk mempermudah proses integrasi antara sistem OL dengan sistem akademik UMS, maka diperlukan penggunaan akun yang menggunakan email resmi UMS.

Baca Juga: PMB Masih Dibuka, Jadwal Masuk Perkuliahan Mahasiswa Baru FEB UMS Diundur

Mengenai sosialisasi terkait penggunaan email UMS dilakukan melalui grup WhatsApp dosen dan program studi (prodi) lalu diteruskan ke mahasiswa. Husni mengatakan, jika sosialisasi yang sudah dilakukan bisa dikatakan efektif, terbukti dari permintaan layanan aktivasi email pada pekan lalu mencapai 20.000 lebih.

“Pada prinsipnya, tidak ada sistem yang sempurna, selalu ada bug atau kesalahan. Itu sebabnya, pada organisasi yang baik selalu ada help desk yang membantu mendapatkan informasi umum terkait penggunaan sistem,” jelasnya, Kamis (17/9/2020).

Di sisi lain, salah satu mahasiswi Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Ibnaturrofi Khoeriyah mengungkapkan keluh kesahnya terkait mata kuliah Bahasa Indonesia untuk kelasnya, yang sampai saat ini belum bisa mengakses OL karena email yang belum terverifikasi.

“Semoga bisa segera diberi kejelasan dan arahan, kita harus gimana, karena kita udah dua minggu nggak bisa ikut kelas mata kuliah itu,” harapnya ketika dihubungi Tim Pabelan Online melalui WhatsApp , Selasa (15/9/2020).

Reporter         : Izzul Khaq

Editor             : Rifqah