Pemilwa UMS 2020 Dilakukan Secara Daring, KPUM Terapkan Sistem E-Vote

0
121

UMS, pabelan-online.com – Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan segera melaksanakan Pemilihan Mahasiswa (Pemilwa) secara daring. Keputusan tersebut diambil setelah KPUM menggelar Rapat Sosialisasi Pemilwa pada 1 Oktober 2020 yang lalu.

Selain menghasilkan keputusan untuk seluruh alur kegiatan Pemilwa dilaksanakan secara daring, dalam rapat tersebut juga menghasilkan kesimpulan bahwa KPUM akan bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu guna mendorong antusiasme mahasiswa untuk mengikuti Pemilwa tahun 2020.

Rahmat Permata, selaku Panitia KPUM UMS menjelaskan bahwa Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden perlu mempersiapkan dokumennya agar terdaftar sebagai kandidat. Hal tersebut sudah tercantum dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ADRT) Keluarga Mahasiswa (KAMA) UMS tentang Pemilwa Nomer 1 Tahun 2020 serta PKPUM UMS 2020, tentang Tata Tertib Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sebagai Peserta Pemilwa.

Ia mengatakan, bahwa mekanisme pemilihan yang akan diterapkan adalah dengan menggunakan ­e-vote. Nantinya e-vote tersebut hanya bisa dibuka lewat kode akses yang akan dikirim oleh panitia KPUM kepada mahasiswa.

Baca Juga: Akibat Provokasi, Aksi Solo Raya Menggugat Berakhir Bentrok

“Kode akses pemilih nanti akan dikirim oleh sistem melalui WhatsApp atau surat elektronik,” jelas Rahmat, sapaan akrabnya, Kamis (1/10/2020).

Dihubungi pada kesempatan yang berbeda, Rio Afidin salah satu peserta sosialisasi mengatakan bahwa Pemilwa edisi sebelumnya minim partisipasi dari mahasiswa UMS. Karenanya, ia berharap agar tahun ini seluruh mahasiswa UMS dapat berpartisipasi untuk menggunakan hak pilihnya dan turut menyukseskan kegiatan Pemilwa 2020 ini.

Menurut Rio, akan menjadi tugas yang besar bagi KPUM sebagai penyelenggara Pemilwa 2020 untuk menggelorakan dan menyosialisasikan Pemilwa kepada mahasiswa agar kegiatan tersebut menjadi penting di mata mahasiswa. “Semoga bisa berjalan lancar, damai, dan tetap terjaga keharmonisannya,” harapnya, Sabtu (3/10/2020).

Reporter         : Aliffia Zahra dan Izzul Khaq

Editor             : Novali Panji Nugroho