Pacu Semangat Berinovasi Lewat Webinar Industri Kreatif

0
63

UMS, pabelan-online.com – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Web Seminar (Webinar) Digital Innovation and Business Networks. Acara yang mengusung tema “Creative Industries in The Hard Time” ini telah dilaksanakan pada Sabtu, 10 Oktober 2020 yang lalu.

Webinar yang digelar lewat platform Zoom Meeting ini turut menghadirkan dua pembicara, yaitu Ihwan Susila selaku Konsultan Bidang Ekonomi Kreatif dan Ayu Husodo sebagai pemilik Strawberry Patch Indonesia. Acara tersebut bertujuan untuk memacu semangat berinovasi masyarakat di tengah pandemi.

Selaku pembicara pertama, Ihwal menjelaskan mengapa ekonomi kreatif dapat berkembang lebih baik di luar negeri disbanding di Indonesia, karena menurutnya, literasi menjadi salah satu kendala kurang berkembangnya ekonomi kreatif di Indonesia.

Ia juga mengatakan, bahwa saat ini kuliner menjadi kontributor terbesar di bidang industri kreatif yang ada di Indonesia. Padahal, Indonesia sendiri memiliki kekayaan nusantara yang beragam, misalnya Surakarta yang memiliki potensi besar dalam seni pertunjukan.

Baca Juga: Asah Kreativitas Mahasiswa Melalui Ajang PKM Fest

“Lihat di Korea, mobil-mobil buatan Jepang sangat jarang di sana. Padahal kita sama-sama pernah dijajah oleh Jepang. Karenanya, kita harus merubah mindset kita, dari memanfaatkan peninggalan penjajah menjadi melawan penjajah,” seru Ihwal, Sabtu (10/10/2020).

Ayu Husodo selaku pembicara kedua dalam webinar ini membagikan pengalamannya selama berkecimpung di dunia fashion anak-anak. Awalnya ia mendirikan Botanica Indonesia pada tahun 1998 dan saat itu bekerja sama dengan Jepang. Dirinya mengaku mendapat pelajaran jika industri kriya tidak hanya sebatas kreatif, tetapi juga memiliki standar yang perlu dipatuhi.

Selaku pemilik Strawberry Patch Indonesia, Ayu menjelaskan bahwa karyanya tersebut pertama kali dipasarkan di Australia. Tak hanya berbagi pengalaman, wanita lulusan dari Universitas Sebelas Maret (UNS) ini juga membagikan tips untuk para calon pengusaha muda yang takut untuk menghadapi dunia usaha.

“Yang paling penting ialah kita harus mengenali pasar kita sendiri,” ucapnya, Sabtu (10/10/2020).

Salah satu peserta webinar dari Program Studi (Prodi) Manajemen UMS, Melati Biru Prasasti menanggapi webinar tersebut. Ia mengatakan, bahwa dirinya mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat. “Terkadang untuk belajar hal-hal yang tidak disukai memang perlu paksaan,” ungkapnya, Senin (12/10/2020).

Reporter         : Mg_Nisa dan Mg_Melisa

Editor             : Panji Lumintang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here