Edutorium UMS Jadi Tempat Wisuda Baru, WR I: Tonggak Pencapaian UMS

0
407

UMS, pabelan-online.com – Kini Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sudah tak lagi menggelar upacara wisuda di Gedung Olah Raga (GOR) UMS, karena wisuda sudah bisa digelar di Edutorium UMS. Wisuda di Edutorium UMS direncanakan dan diharapkan bisa terlaksanakan di bulan November 2020 dengan tetap ada pembatasan dan memenuhi protokol kesehatan.

Selama kurang lebih 40 tahun, UMS gelar wisuda di GOR UMS yang mana membutuhkan sarana prasarana pendukung, seperti tenda, gorden, meja, dan lain-lain. Hal tersebut membuat banyak orang menyebut bahwa upacara wisuda UMS seperti layaknya orang yang sedang mempunyai hajatan atau resepsi pernikahan.

Namun, saat ini upacara wisuda UMS sudah tidak seperti hajatan lagi karena sudah bisa digelar di Edutorium UMS. Edutorium UMS merupakan salah satu gedung pertemuan terbesar di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), diharapkan dapat menampung kegiatan-kegiatan besar UMS dan Perserikatan Muhammadiyah.

Baca Juga: Dukung Kompetensi Mahasiswa, Himakom UMS Lakukan Kunjugan Virtual Solopos

Muhammad Da’i, selaku Wakil Rektor (WR) I UMS menyebutkan, bahwasanya Edutorium hampir 100% jadi, hanya saja kurang tahap akhir atau finishing dan belum diserahkan resmi dari pemborong ke pihak UMS.

Setelah selesai dan diserahkan, maka Edutorium siap digunakan untuk upacara wisuda yang direncanakan akan digelar bulan November, dengan tetap ada pembatasan dan mematuhi protokol kesehatan.  Ia juga menyebutkan bahwa Edutorium dapat menampung 8.000-10.000 orang, sehingga wisuda UMS dapat dilaksanakan serentak dalam satu hari saja.

“Edutorium yang saat ini mungkin masih menjadi tempat pertemuan terbesar di Jateng dan DIY, perlu disadari juga merupakan tonggak pencapaian UMS setelah pencapaian dan sejarah yang panjang. Jadi, kita jangan sampai melupakan nilai-nilai sejarah yang dialami UMS,” ungkapnya, Selasa (20/10/2020).

Naufal Farras, salah satu mahasiswa Fakultas Farmasi (FF) menyebutkan bahwa adanya Edutorium sangat memberikan banyak dampak positif bagi warga UMS, salah satunya wisuda. Ia berharap fasilitas yang ada di Edutorium UMS dapat dirawat dengan baik, dijaga, dan dilestarikan.

“Dengan digelarnya wisuda di Edutorium, pelaksanaan prosesi wisuda menjadi lebih nyaman dan efektif, serta dapat berjalan dengan lebih baik,” katanya, Selasa (20/10/2020).

Reporter         : Anisa Yuliana Pertiwi

Editor             : Rio Novianto