HMP PBSI: Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa Lewat Ajang Pesma

0
164

UMS, pabelan-online.com – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  (PBSI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Pekan Seni Mahasiswa (Pesma) pada bulan Oktober hingga November. Kegiatan tersebut dilakukan secara daring.

Ghalib Muhammad Nashr, selaku Ketua Pelaksana Pesma menjelaskan bahwa acara ini diselenggarakan guna mengganti salah satu acara atau program kerja (proker) dari HMP PBSI, yaitu ajang Seni Olahraga Mahasiswa (Seirama). Umumnya, ajang Seirama tersebut merupakan acara yang diadakan rutin setiap tahun.

“Namun, berhubung dengan adanya pandemi saat ini, kami menggantinya dengan Pesma,” jelasnya, Jumat (23/10/2020).

Ghalib juga menjelaskan bahwa acara ini merupakan acara murni HMP PBSI dan tidak bekerjasama dengan media partner lain, dengan mengusung tema “Mengembangkan dan Mengasah Jiwa Kesenian di masa pandemi”. Seluruh timeline kegiatan diselenggarakan secara online atau virtual mulai dari tanggal 19 Oktober hingga 14 November 2020.

Jenis perlombaan yang diadakan dalam ajang ini melingkupi bidang seni saja, seperti fotografi, videografi, desain poster, musikalisasi puisi, dan juga cover lagu. “Banyak mahasiswa yang antusisas mengikuti acara ini, semoga lancar,” tambahnya, Jumat (23/10/2020).

Acara ini gratis dan ditujukan untuk umum, khususnya seluruh mahasiswa umum UMS. Selain untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa, acara ini juga digunakan sebagai media promosi untuk menarik minat mahasiswa baru Prodi PBSI, supaya tertarik bergabung ke HMP PBSI.

Rizky Adam Firmansyah, salah satu mahasiswa Prodi PBSI sekaligus Ketua Bidang tiga HMP PBSI menambahkan, bahwa persiapan pada acara Pesma sendiri sudah dipersiapkan dari beberapa bulan sebelumnya, seperti juri, reward, e-sertifikat, dan pamflet acara.

Melalui acara Pesma ini, diharapkan para mahasiswa bisa menunjukkan bakat dan juga kemampuanya dalam membuat karya seni. “Semoga pada periode selanjutnya, proker Pesma bisa kembali menjadi ajang seirama yang dilaksankan secara luring,” harapnya, Jumat (23/10/2020).

Reporter         : Aliffia Zahra N

Editor             : Akhdan Muhammad Alfawwas