Membangun Psikologi Positif dan Produktif di Era Pandemi

0
115

UMS, pabelan-online.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi (FP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Web Seminar (Webinar) Psikologi Positif di Era 2020 melalui Zoom meeting. Acara tersebut mengusung tema “Make You Feel Better” yang membahas mengenai psikolog positif serta cara agar tetap produktif dan kreatif di era pandemi.

Fiska Puspa Arinda, selaku pembicara dalam webinar menjelaskan bahwa pandemi memberikan dampak bagi dunia pendidikan, tak terkecuali bagi mahasiswa. Dampak yang dialami mahasiswa adalah seperti pembelajaran yang diadakan secara daring, kurangnya kesempatan bersosialisasi dengan teman, dan munculnya perasaan khawatir yang menimbulkan stress.

Ketika seseorang mengalami dampak tersebut, maka dalam dirinya akan muncul emosi negatif. Ketika merasakan hal tersebut, kita harus menerima perasaan negatif yang kita alami dan mengakuinya dengan jujur, kemudian barulah kita bisa mengambil hikmah dengan berpikir positif.

Selain dampak negatif, pandemi juga memberikan dampak positif. Dampak positif dari pandemi diantaranya lebih banyak waktu dengan keluarga, kemampuan literasi meningkat, pola hidup sehat, mendapatkan pengalaman baru dalam belajar, banyaknya seminar online yang menghemat biaya, dan menumbuhkan kretivitas.

Baca Juga: Di Era Digitalisasi, Mahasiswa Sebagai Generasi Milenial Dituntut Harus Kreatif

Fiska mengungkapkan, bahwa ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk bangkit dari kondisi pandemi ini, seperti membuat plan, berani keluar dari comfort zone, dan bertumbuh menjadi pribadi yang resiliensi (tetap teguh dalam situasi sulit –red). Ketika terdapat kesulitan dalam hidup, jangan terlalu lama bersedih dan ketika diberikan kemudahan jangan menjadikan kita lengah.

“Jangan terlalu lama larut dalam kekecewaan, sempatkan berbagi walau saat sempit, tetap produktif, dan stay safe,” ungkap Fiska, Minggu (8/11/2020).

Ia menambahkan, bahwa untuk keluar dari comfort zone ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yakni dengan mengenali diri sendiri dengan baik, merencanakan sesuatu dengan matang, dan terakhir eksekusi.

Pembicara kedua, Yudha Herfriteknika memaparkan mengenai cara mengembangkan produktivitas dan kretaivitas selama pandemi. Yudha mengatakan, seseorang bisa dikatakan mengalami perubahan jika dia kreatif dan produktif.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti mengamati sesuatu yang dikenal, mempertajam pikiran, jangan menunda pekerjaan, ambil sudut pandang orang lain, belajar menjadi seorang inovator yang baik, dan lakukan pendekatan secara bervariasi.

“Sebuah perubahan harus dimulai dari diri sendiri dan perubahan bisa terjadi karena adanya kemauan dari diri sendiri,” ujarnya, Minggu (8/11/2020).

Revi Mega Ayu Monika Putri, salah satu peserta webinar mengungkapkan bahwa kegiatan webinar tersebut sudah baik dan pemateri sangat bagus dalam menjelaskan materinya, sehingga mudah dipahami. Dengan adanya webinar tersebut dapat memberikan gambaran bagaimana cara berpikir positif dan selalu bersyukur dengan keadaan.

“Semoga ke depannya dapat mengadakan webinar dengan tema yang lain dan mungkin saat acara bisa ditambah game agar peserta tidak bosan,”  harapnya, Senin (9/11/2020).

Reporter         : Aidha Nur Rahma dan Jannah Arum S

Editor             : Rifqah