Beri Motivasi Mahasiswa untuk Raih Beasiswa, ERC FIS UNNES Adakan Webinar Schoolarship

0
125

UMS, pabelan-online.com – Badan Semi Otonom English Research Community (ERC) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan Web Seminar (Webinar) yang membahas seputar Schoolarship.

Berlangsungnya acara webinar dengan tema “Scholarship Preparation and Motivation Talk” yang dilaksanakan via Zoom tersebut diikuti kurang lebih 261 peserta dari berbagai universitas pada Sabtu, 14 November lalu.

Materi yang disampaikan oleh dua orang pembicara ini memberikan kesan yang menggugah suasana, karena banyak memberikan motivasi bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa.

Materi yang disampaikan oleh Kunto Nurcahyoko yakni mengenai Winning Scholarship, dimana materi tersebut membahas tentang macam-macam beasiswa, jenis-jenis dokumen dalam portofolio, dan keterampilan yang diperlukan untuk mengejar beasiswa.

Selaku pemateri pertama, Kunto mengungkapkan bahwa mahasiswa perlu mendapatkan motivasi terkait usaha yang harus dibangun dan keterampilan yang perlu dilatih untuk meraih beasiswa yang diinginkan. “Beasiswa merupakan tunjang yang diberikan kepada seseorang dalam sebuah progam, maka dari itu untuk para mahasiwa tetaplah percaya diri, jangan mudah insecure dan semangat dalam meraih beasiswa,” ungkapnya, Sabtu (14/11/2020).

Baca JugaSyarat Jangan Dipersulit

Tidak hanya Kunto saja yang memberikan seminar motivasi kepada peserta webinar, sosok Ujang Purnama sebagai pemateri kedua juga memberikan motivasinya terkait scholarships. Materi yang disampaikan oleh Ujang Purnama lebih membahas tentang motivation letter, letter of interest, letter of intent, dan cover letter. Ujang Purnama juga membagikan berbagai pengalamanya saat mencoba meraih beasiswa yang dia dapatkan.

Usaha-usaha yang kiat dilakukannya untuk mencapai keberhasilan dalam meraih beasiswa adalah harus mempelajari dan mengetahui mengenai persyaratan beasiswa dan kontribusi apa yang kira-kira bisa kita lakukan untuk meraih beasiswa tersebut. “Jangan lupa, ilmu yang kita dapatkan juga kita kontribusikan kepada orang lain,” ungkapnya saat mengisi webinar, Sabtu (14/11/2020).

Dalam sesi terakhir acara webinar, pihak panitia juga mengadakan give away dengan persyaratan mengisi quiz yang telah diberikan dan hadiah diberikan kepada empat orang pemenang yang beruntung. Untuk peserta yang belum beruntung hanya mendapatkan file presentasi dari pemateri.

Via Listyaningrum, salah satu peserta webinar memberikan tanggapannya mengenai webinar schoolarship tersebut. Ia mengatakan jika webinar yang membahas mengenai beasiswa ini sangat bagus dan menarik, karena dapat memotivasi mahasiswa agar tidak takut melanjutkan pendidikan ke luar negeri dengan memanfaatkan beasiswa yang ada.

“Selain itu, juga diberi tips dan trik agar bisa mendapat beasiswa dan lolos tahap seleksinya,” ungkap Via, sapaan akrabnya, Senin (16/11/2020).

Reporter         : Indah Puji Rahayu

Editor             : Rifqah