KOBE UNNES Berbagi Kiat Public Speaking Lewat Webinar

0
85

UMS – pabelan-online.com – Konservasi Bersenyum (KOBE) Ikatan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan web seminar (webinar) yang membahas menganai cara meningkatkan kemampuan public speaking. Diadakan secara daring via Zoom meeting.

Webinar yang diikuti oleh 102 peserta tersebut mengundang Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik UNNES sebagai pembicara, yakni Nanda Pramudia Firdaus. Dalam webinar, Nanda memberikan materi mengenai kemampuan public speaking karena dirinya memiliki pengalaman organisasi yang baik dan wawasannya luas.

Terdapat lima hal penting yang harus diperhatikan dalam meningkatkan kemampuan public speaking, yakni adanya sikap hormat dan menghargai, kemampuan menempatkan diri, materi dapat diterima dengan baik, adanya kejelasan pesan, dan rendah hati.

“Lima hal tersebut merupakan hal penting dalam komunikasi, guna memaksimalkan kemampuan public speaking,” ujar Nanda, Sabtu (14/11/2020).

Baca Juga: Beri Motivasi Mahasiswa untuk Raih Beasiswa, ERC FIS UNNES Adakan Webinar Schoolarship

Menurut Nanda, komunikasi yang baik adalah komunikasi yang mendapatkan feedback dan dalam mengembangkan public speaking harus memiliki daya tarik emosi yang bisa membangun hubungan antara pembicara dan pendengar.

Oktavia Veby Rahmawati, salah satu mahasiswa UNNES yang juga ikut serta dalam acara webinar mengatakan, bahwa ia tertarik mengikuti acara tersebut karena materi public speaking dirasanya sangat penting, terutama untuk generasi milenial.

“Banyak ilmu yang saya dapat, seperti cara menghandle audience untuk bisa tertarik dengan pembicaraan kita,” ungkapnya, Sabtu (14/11/2020). Okta juga berharap acara seperti ini bisa diadakan lagi ke depannya, dengan tema yang lebih luas sehingga dapat menarik partisipan lebih banyak.

Webinar ini diadakan karena bertujuan untuk memotivasi audience ke arah yang lebih positif dan mereka (audience ­red) dapat mengetahui cara berpendapat atau menyampaikan sesuatu dalam wadah organisasi. “Terutama untuk para anggota pengurus KOBE,” ujar Livia Virna, selaku ketua panitia ketika diwawancarai oleh tim Pabelan Online via WhatsApp, Sabtu (14/11/2020).

Reporter         : Annisa Nur Aisyah

Editor             : Rifqah