Sistem Sudah Bagus, Sosialisasi Malah Minim

0
59

Setelah mengadakan Rapat Sosialisasi Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa) pada awal Oktober lalu, Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memutuskan untuk pelaksanaan Pemilwa pada tahun ini dilakukan secara daring. Seluruh alur kegiatan dilakukan secara daring, mengingat pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang tak kunjung berakhir.

Tentu saja kondisi seperti ini menjadi hal yang baru bagi KPUM UMS itu sendiri selaku pihak penyelenggara. Mungkin, alur kegiatan yang lain masih bisa digantikan dengan menggunakan platform digital, seperti sosialisasi atau talkshow bersama bakal calon yang dapat dilakukan dengan Google Meet. Tetapi, mereka (KPUM-red) mau tidak mau harus mencari cara bagaimana dan sistem seperti apa yang akan digunakan ketika melakukan pemilihan suara.

KPUM UMS sebagai garda terdepan dalam proses demokrasi kampus pada tahun ini benar-benar patut mendapatkan apresiasi. Langkah yang diambil KPUM UMS dalam pemilihan suara ialah dengan menerapkan sistem e-vote. Itu menjadi bukti bahwa KPUM UMS sangat ingin proses demokrasi dalam Pemilwa ini berjalan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebuah ide yang cemerlang nan segar.

Hanya saja, sosialisasi kepada mahasiswa umum mengenai tata cara mengenakan sistem tersebut dirasa masih sangat minim. Bahkan seharusnya KPUM UMS juga perlu mengadakan simulasi untuk mahasisa umum, sekaligus pematangan persiapan. Karena mungkin saja masih banyak mahasiswa yang tidak mengetahui apa itu e-vote atau lebih parahnya lagi, mahasiswa tidak mengetahui kalau di UMS sedang ada Pemilwa.

Meski dilakukan secara daring, sosialisasi memiliki peran yang besar dalam proses pelaksanaan Pemilwa ini. KPUM UMS seharusnya bisa bekerja sama dengan banyak pihak, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM-U), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan jika perlu meminta bantuan kepada media sosial resmi milik UMS dalam melakukan sosialisasi secara daring.

Ketika sudah memiliki sistem yang bagus, tidak akan berguna jika sosialisai kepada mahasiswa umumnya kurang. KPUM UMS juga perlu memutar otak untuk menumbuhkan semangat antusiasme mahasiswa dalam pelaksanaan Pemilwa ini.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here