Dirangkum oleh : Chlara

Pabelan-online.com, Benjolan kecil yang ada dikulit atau familiar disebut bisul atau blister adalah penyakit yang tidak berbahaya namun cukup menyebalkan karena tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan pada bagian tubuh namun juga mengganggu pandangan.

Blister terjadi karena mekanisme pertahanan tubuh sedang bereaksi terhadap virus dan kuman dari lingkungan luar yang tidak sesuai dengan tubuh manusia. Waktu lapisan kulit luar (epidermis) terpisah dari lapisan lain, cairan luar terkumpul dan mengisi celah yang kosong dimana terjadi proses blister ini sementara menunggu lapisan baru tumbuh.

Blister sendiri dapat digolongkan menjadi beberapa diantaranya :

  • Blood Blister : bisul yang bisa keluar dari darah saat dicubit atau dipencet.
  • Water Blister : bisul yang terisi cairan bening seperti air dan tidak mengandung darah
  • Fever Blister : bisul yang tumbuh disekitar mulut yang bisa enimbulkan rasa sakit, gatal dan panas sebelum pecah.

Penyebab Blister diantaranya adalah luka yang disebabkan gesekan atau bahan kimia, dan menimbulkan alergi selain itu Iritasi kulit pada lapisan luar kulit dan persebaran virus seperti penyakit kelamin menjadi faktor lain penyebab blister.

Untuk mencegah terjadinya blister kuncinya yakni mencegah terjadinya gesekan dikulit, memilih sepatu, kaus kaki atau sarung tangan yang pas dan tidak kesempitan adalah cara efektif untuk mencegahnya. Untuk kaus kaki memilih bahan yang terbuat dari abhan sintetik yang lembut dan menyentuh kulit adalah acra yang tepat, selain itu mengoleskan bagian tubuh rawan blister seperti tangan, tungkai dan kakai dengan petroleum jelly atau talc dikulit sebelum memakai sepatu, kaus kaki dan sarung tangan cukup membantu mencegah blister.

Jika seseorang mempunyai Blister maka langkah yang perlu dilakukan adalah membersihkan bisul dengan kapas yang telah diolesi alkohol atau antibiotik, mensterilkan jarum dengan membakarnya sampai merah kemudian biarkan mendingin. Setelah itu tusuk blister kemudian pencet dengan lembut hingga isinya keluar, kemudian oles luka dengan atibiotik dan tutup dengan perban, maka bisul akan cepat mengering.

(Dari berbagai sumber)

5 comments on “Blister Bisul Kecil Pengganggu

  1. Norbert Grindel

    Hiya very cool blog!! Guy .. Excellent .. Superb .. I’ll bookmark your blog and take the feeds also?KI am happy to seek out so many helpful info right here within the post, we want develop extra strategies on this regard, thanks for sharing. . . . . .

  2. how to win the lottery guaranteed

    I’m typically to running a blog and i really appreciate your content. The article has really peaks my interest. I am going to bookmark your site and preserve checking for new information.

  3. Jasmine Streets

    I¡¦ve recently started a web site, the info you provide on this site has helped me tremendously. Thanks for all of your time & work.

Leave a reply

required