Bisul
Suntik

Blister Bisul Kecil Pengganggu

0 16

Dirangkum oleh : Chlara

Pabelan-online.com, Benjolan kecil yang ada dikulit atau familiar disebut bisul atau blister adalah penyakit yang tidak berbahaya namun cukup menyebalkan karena tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan pada bagian tubuh namun juga mengganggu pandangan.

Blister terjadi karena mekanisme pertahanan tubuh sedang bereaksi terhadap virus dan kuman dari lingkungan luar yang tidak sesuai dengan tubuh manusia. Waktu lapisan kulit luar (epidermis) terpisah dari lapisan lain, cairan luar terkumpul dan mengisi celah yang kosong dimana terjadi proses blister ini sementara menunggu lapisan baru tumbuh.

Blister sendiri dapat digolongkan menjadi beberapa diantaranya :

  • Blood Blister : bisul yang bisa keluar dari darah saat dicubit atau dipencet.
  • Water Blister : bisul yang terisi cairan bening seperti air dan tidak mengandung darah
  • Fever Blister : bisul yang tumbuh disekitar mulut yang bisa enimbulkan rasa sakit, gatal dan panas sebelum pecah.

Penyebab Blister diantaranya adalah luka yang disebabkan gesekan atau bahan kimia, dan menimbulkan alergi selain itu Iritasi kulit pada lapisan luar kulit dan persebaran virus seperti penyakit kelamin menjadi faktor lain penyebab blister.

Untuk mencegah terjadinya blister kuncinya yakni mencegah terjadinya gesekan dikulit, memilih sepatu, kaus kaki atau sarung tangan yang pas dan tidak kesempitan adalah cara efektif untuk mencegahnya. Untuk kaus kaki memilih bahan yang terbuat dari abhan sintetik yang lembut dan menyentuh kulit adalah acra yang tepat, selain itu mengoleskan bagian tubuh rawan blister seperti tangan, tungkai dan kakai dengan petroleum jelly atau talc dikulit sebelum memakai sepatu, kaus kaki dan sarung tangan cukup membantu mencegah blister.

Jika seseorang mempunyai Blister maka langkah yang perlu dilakukan adalah membersihkan bisul dengan kapas yang telah diolesi alkohol atau antibiotik, mensterilkan jarum dengan membakarnya sampai merah kemudian biarkan mendingin. Setelah itu tusuk blister kemudian pencet dengan lembut hingga isinya keluar, kemudian oles luka dengan atibiotik dan tutup dengan perban, maka bisul akan cepat mengering.

(Dari berbagai sumber)

About the author / 

pabelan

Media Online Pabelan yang berusaha untuk menjadi portal berita Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta yang memberikan berita tercepat seputar kampus.

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Peringkat