Diringkus Satpam! Anjal Curi Kotak Amal

0
263

Pabelan-online.com, UMS – Wakil Komandan Satpam UMS, Suprihdiyono berhasil meringkus pelaku pencurian kotak amal di Masjid Fadlurahman milik Jamaah Masjid Fadlurahman (JMF), Jumat (12/8). Diketahui pelaku merupakan anak jalanan (anjal), satu dari dua pelaku berhasil diringkus di daerah Kerten, Solo sekitar pukul 11 malam.
Pelaku yang berhasil ditangkap berinisial Dd (15) yang masih dibawah umur. Sebelumnya, Dd dan satu pelaku lainnya berhasil menggondol kotak amal masjid pada Jumat (12/8) sekitar pukul 02.30 dini hari. “Kedua pelaku, yang terlihat di rekaman CCTV datang dari Fakultas Ilmu Kesehatan kemudian menuju masjid,” terangnya, Jumat (12/8).
Melalui hasil rekaman Closed Circuit Television CCTV, Komandan Satpam, Dalyono dan Suprihdiyono sempat menduga kedua pelaku merupakan anjal. “Malam itu juga (Jumat, red) saya dan wakil komandan satpam melakukan patroli tempat anjal berkumpul. Hasilnya, Dd tertangkap tangan saat sedang nongkrong di pertigaan jalan RS Panti Waluyo. Lantas kami ringkus dan digelandang ke kantor satpam,’’ ujar Komandan Satpam Dalyono, Sabtu (13/8).
Saat diinterograsi, Dd mengakui telah mencuri kotak amal tersebut bersama satu temannya yang belum tertangkap. Kedua pelaku membuang kotak amal guna menghilangkan barang bukti. “Kotak amalnya saya buang ke sungai di samping kampus, isinya cuma sekitar 40 ribu,” ujar Dd saat dimintai keterangan pihak satpam.
Pihak satpam pun tidak menemukan kotak amal tersebut di sekitar sungai. Setelah diinterograsi, pihak satpam melepas Dd karena beberapa pertimbangan. “Selain masih dibawah umur, pelaku juga membuang barang buktinya. Kalau dilaporkan ke polisi, harus ada barang bukti. Namun, pelaku kami bina dan kami peringatkan untuk tidak mengulangi perbuatan nya,” terang Dalyono.
Lebih lanjut, Dalyono mengatakan bahwa pihak JMF sudah mengikhlaskan kotak amal beserta isinya tersebut. Dia menghimbau pada JMF untuk lebih berhati-hati lagi. “Saya himbau kotak amal dimasukkan di ruangan saja, nanti kalau dipakai ya dikeluarkan kembali,” tutupnya. [Gingga]