Hhmm.. Ada Kesempatan Kuliah ke Luar Negeri

0
418

Reporter : Chalara

Pabelan-online,UMSInternasional education consultancy group EDLINK bekerja sama dengan internasional office UMS menggelar education expo di auditorium Muhammad Djazman pada 16 Maret 2012 .

Acara tersebut  berkerja sama dengan berbagai universitas luar negeri seperti LA TROBE University, CURTIN University, The University of New South Wales , JCU University, dan beberapa yang tidak disebutkan disini. Dimana terdapat stand setiap Universitasnya selain stand UMS dan EDLINK sendiri.

Ernamawati Ellynasari salah seorang mahasiswa jurusan internasional mengaku bahwa dirinya sangat tertarik dengan acara tersebut. Menurutnya acara semacam ini sangat membantu dirinya sebagai salah satu cara untuk melanjutkan pendidikan keluar negeri. “Ya kita cari-cari info dulu saja, dengan expo semacam ini kita bisa tahu syarat apa saja yang dibutuhkan serta hal-hal lain terkait visa , akomodasi , biaya hidup dan lainnya,” ungkapnya, Jumat (15/3/12).

Erna menambahkan dia megikuti acara tersebut juga untuk mencari kesempatan lamaran beasiswa yang disediakan oleh pihak luar. Ia berharap dengan adanya pengumumam apply beasiswa hal tersebut akan membantu lancarnya proses belajar mahasiswa yang ingin melanjutkan keluar negeri.

Menanggapi hal tersebut, Dra. Debora P Suharto (Debora) selaku EDLINK Chief representatife in Solo mengatakan bahwa expo ini diadakan untuk membantu mahasiswa Indonesia yang berminat belajar keluar negeri. Dimana lembaga yang diampunya akan membantu dari proses awal sampai akir yakni mulai dari proses konsultasi hingga layanan lanjutan seperti pengurusan VISA, keberangkatan, pencarian rumah tinggal dan pembayaran adminitrasi.

Debora menambahkan minat mahasiswa sendiri sangat tinggi tentang belajar keluar negeri. Namun dia tidak bisa menyebutkan berapa jumlah mahasiswa yang berangkat pertahunnya,. “Tentang hal ini karena pertahunnya itu berbeda-beda, dengan statistic fluctuate maka saya tidak bisa dengan pasti menyebut angkanya,” katanya, Jumat (15/3/12)

Sedangkan menyangkut beasiswa keluar negeri Debora mengungkapkan bahwa kesempatan sangat terbuka luas baik dari pihak pemerintah Indonesia sendiri seperti DIKTI dan juga dari Negara tujuan.

Debora berharap para mahasiswa Indonesia kususnya UMS lebih aktif dan rajin untuk mencari informasi baik secara online atau meetup langsung kekantor intansi terkait. Karena sesungguhnya belajar keluar negeri adalah suatu hal yang tidak sulit jika syarat apply yakni transkip nilai yang cukup memadai sudah memenuhi maka mahasiswa bisa meraih hal yang dicita-citakan.