4 Kapal Asing Tertangkap Lagi

0
274

Pabelan Online-UMS Tanggal 22 Februari 2015 KRI Slamet Riyadi berhasil menangkap empat kapal asing di Laut Sulawesi. Kapal yang berhasil ditangkap berasal dari Filipina dan tidak memiliki domumen resmi.

Seperti dikutip dari okezone.com Kamis (26/2) Kadispen AL Laksma Manahan Simorangkir, membenarkan kabar empat kapal asal Filipina yang tertangkap. “Kejadiannya di laut Sulawesi dan empat kapal tersebut sekarang masih berada di Lanal Tarakan”, ungkap Manahan Rabu (25/2).

Manahan mengatakan keempat kapal yang berhasil ditangkap adalah Van Boat LB Vien 09, VB Santo Thomas, VB San Jose, dan VB Santa Cruise. Keempat kapal tersebut memiliki ruang penyimpanan yang tidak terlalu besar, hanya 16-20 Ton. “Kapal yang ditangkap tidak memiliki dokumen, karena harusnya bila telah di atas 7 GT itu harus ada suratnya”, tandasnya.

Kapal Filipina yang ditangkap berada di 295 Mil sebelah timur Tarakan dan mendekati utara Gorontalo. Seperti biasa Kapal KRI Slamet Riyadi melakukan kegiatan patroli menyisir Pulau Kalimantan dan Sulawesi. “Ketika itu KRI Slamet Riyadi sedang melakukan patroli dan tidak sengaja bertemu dengan keempat kapal Filipina”, tambahnya.

Sampai berita ini diturunkan empat kapal yang berhasil ditangkap masih dalam tahap pemprosesan. Ketikan Manahan disinggung mengenai apakah ada kemungkinan penenggelaman kapal atau penyitaan. “Sesuai peraturan mungkin akan kita tenggelamkan, tapi masih menunggu putusan dari pengadilan”, tutupnya.

Baca berita lainnya, Lewat Petronas Malaysia Mulai Invasi Indonesia, Klik Disini!