Epson Color Imaging Contest Indonesia

0
216

Sekilas Lomba

Menandai 15 tahun perjalanan Epson Indonesia, kali ini CIC 2015 terasa begitu istimewa dengan mengusung tema “Story of Indonesia” (Dari Indonesia untuk Dunia). Kami mengajak para fotografer profesional dan amatir untuk bercerita kepada dunia tentang kekayaan, keindahan, dan kekhasan Indonesia melalui Fotografi. Foto merupakan hasil bidikan sepanjang tahun 2015 berupa alam, flora dan fauna, budaya, peristiwa, kuliner, human interest, dan hal lainnya yang menceritakan tentang Indonesia. Menangkan hadiah berupa produk dan uang tunai senilai total Rp 75 juta.

Syarat dan Ketentuan Kontes

  1. Data foto digital orisinil dari partisipan harus diambil menggunakan kamera beresolusi minimal 5 megapiksel.
  2. Untuk mengikuti kontes ini, partisipan harus setuju untuk memberikan foto orisinil dengan resolusi penuh bila diminta.
  3. Partisipan yang telah mendaftar dapat memasukkan sampai dengan 3 (tiga) foto.
  4. Format foto: jpg, gif, png.
  5. Data foto harus berukuran maksimal 200kB untuk dapat mendaftar.
  6. Partisipan harus berusia 16 tahun keatas untuk dapat mengikuti kontes.
  7. Tidak diperkenankan mengirimkan karya foto yang telah diikutsertakan dalam kontes terdahulu atau yang sedang berjalan yang dilaksanakan oleh Sponsor dan/atau Co-Sponsor dan/atau pihak lain; pernah atau sedang dipublikasikan atau dipamerkan di media (elektronik, cetak, atau online), pameran atau galeri.

Kriteria Penjurian
Kontes ini berlangsung selama 8 minggu dan berakhir di tanggal 9 Januari 2016. Setiap minggu akan dilakukan penjurian untuk mendapatkan 3 finalis untuk setiap kategori. Para finalis dari masing-masing kategori akan dinilai oleh para juri professional di babak grand final. Para pemenang akan diinformasikan melalui email dan telepon. Penyerahan hadiah akan diatur kemudian dan pameran akan diadakan di Jakarta (tempat dan waktu akan dikonfirmasi lebih lanjut).

Karya foto akan dievaluasi berdasarkan kriteria berikut ini:
KRITERIA PENJURIANBEBAN
Interpretasi kreatif dari tema50%
Ketrampilan fotografi secara teknis :

·         tingkat kesulitan pengambilan gambar

·         tingkat tantangan teknis

25%
Estetika Foto :

·         Komposisi

·         Penampilan foto secara keseluruhan

25%

Syarat Keikutsertaan

  1. Kontestan berumur 16 tahun ke atas dan merupakan warga negara Indonesia
  2. Karyawan dari Sponsor atau Co-Sponsor dan keluarga dekat dari karyawan tidak diperkenankan mengikuti kontes foto ini.
  3. Kontestan tidak diharuskan membeli produk Epson untuk mengikuti kontes.
  4. Tidak diperkenankan mengirimkan karya foto yang telah diikutsertakan dalam kontes terdahulu atau yang sedang berjalan yang dilaksanakan oleh Sponsor dan/atau Co-Sponsor dan/atau pihak lain; atau pernah dipublikasikan atau dipamerkan di media (elektronik, cetak, atau online), pameran atau galeri. Termasuk dalam hal ini karya foto yang identik dengan karya foto yang pernah dilombakan oleh kontestan yang dilaksanakan oleh Sponsor dan/atau Co-Sponsor dan/atau pihak lain; atau pernah dipublikasikan atau dipamerkan di media (elektronik, cetak, atau online), pameran atau galeri, juga tidak diperkenankan diikutsertakan dalam kontes ini.

Cara Mendaftar

  1. Kirimkan hasil karya foto sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada lembar Syarat dan Ketentuan.
  2. Sebuah karya foto hanya dapat didaftarkan oleh satu kontestan saja. Hanya satu (1) hadiah yang dapat diberikan untuk setiap karya foto pemenang.
  3. Kontestan hanya dapat mendaftar SATU kali untuk MAKSIMAL TIGA karya foto per kategori. Selanjutnya, kontestan tidak dapat melakukan pendaftaran kembali.
  4. Kontestan diperkenankan mengirimkan satu per satu karya fotonya di minggu berbeda atau mengirimkan sekaligus tiga foto di minggu yang sama.
  5. Tidak diperkenankan mengirimkan karya foto yang telah diikutsertakan dalam kontes terdahulu atau yang sedang berjalan yang dilaksanakan oleh Sponsor dan/atau Co-Sponsor dan/atau pihak lain; atau pernah dipublikasikan atau dipamerkan di media (elektronik,cetak, atau online), pameran atau galeri. Termasuk dalam hal ini karya foto yang identik dengan karya foto yang pernah dilombakan oleh kontestan yang dilaksanakan oleh Sponsor dan/atau Co-Sponsor dan/atau pihak lain; atau pernah dipublikasikan atau dipamerkan di media (elektronik, cetak, atau online), pameran atau galeri, juga tidak diperkenankan diikutsertakan dalam kontes ini.

Syarat Pengiriman Karya Foto dan Tenggat Waktu Pengumpulan

  1. Karya foto yang diikutsertakan dalam kontes ini merupakan karya orisinil dan belum pernah dilombakan atau dipublikasikan yang mengandung tema kontes. Seluruh karya foto yang sudah dikirimkan menjadi milik Sponsor dan tidak akan dikembalikan.
  2. Karya foto yang diikutsertakan dalam kontes ini adalah karya foto yang diambil dalam rentang waktu tahun 2015 sampai akhir kontes.
  3. Tidak diperkenankan mengirimkan karya foto yang telah diikutsertakan dalam kontes terdahulu atau yang sedang berjalan yang dilaksanakan oleh Sponsor dan/atau Co-Sponsor dan/atau pihak lain; atau pernah dipublikasikan atau dipamerkan di media (elektronik, cetak, atau online), pameran atau galeri. Termasuk dalam hal ini karya foto yang dentik dengan karya foto yang pernah dilombakan oleh kontestan yang dilaksanakan oleh Sponsor dan/atau Co-Sponsor dan/atau pihak lain; atau pernah dipublikasikan atau dipamerkan di media (elektronik, cetak, atau online), pameran atau galeri, juga tidak diperkenankan diikutsertakan dalam kontes ini.
  4. Data foto digital orisinil yang ikut serta dalam kontes harus diabadikan menggunakan kamera dengan resolusi minimal 5 megapiksel. Khusus untuk kategori kamera smartphone, foto harus diabadikan menggunakan kamera smartphone dengan resolusi foto minimal 5 megapiksel (3264 x 1836 piksel). Karya foto tersebut harus dikecilkan ukurannya menjadi 200KB atau lebih rendah untuk dapat mendaftar. Karya foto yang tidak memenuhi syarat dan kualitas foto, tidak dapat diterima dan dipamerkan di galeri mingguan (Weekly Gallery).
  5. Kontestan tidak dapat mengganti foto yang sudah didaftarkan dan sudah tampil di galeri kecuali foto tersebut ditolak oleh Sponsor karena tidak memenuhi persyaratan.
  6. Apabila karya fotonya terpilih, kontestan harus mengirimkan file foto digital orisinil tersebut kepada Sponsor. Tidak mengirimkan karya foto terpilih akan mendiskualifikasi karya foto tersebut dari keikutsertaan dalam kontes.
  7. Periode kontes berlangsung dari 15 November 2015 sampai dengan 9 Januari 2016. Semua karya foto yang didaftarkan harus diterima oleh Sponsor paling lambat 9 Januari 2016 pukul 24.00 WIB. Karya foto yang diterima setelah tenggat waktu tersebut, akan didiskualifikasi.

Penjurian

  1. Setiap minggu juri yang ditunjuk oleh Sponsor menentukan 3 (tiga) pemenang untuk setiap kategori. Pemenang ini disebut sebagai finalis.
  2. Setiap kontestan hanya berkesempatan satu kali menjadi finalis sehingga tidak dimungkinkan seorang kontestanmenjadi finalis untuk 2 atau lebih karya foto baik itu di kategori yang sama maupun di kategori berbeda (kategori umum dan kamera smartphone).
  3. Di babak grand final, semua finalis dari setiap minggu di masing-masing kategori akan dinilai kembali oleh juri untuk mendapatkan pemenang utama (juara 1, juara 2, dan juara 3).

Pengumuman dan Pameran Karya Foto Pemenang

  1. Daftar para pemenang kontes dan hasil karyanya akan diumumkan di website Epson Indonesia dan di fan page Epson Color Imaging Contest Indonesia pada Februari 2016 dan para pemenang akan dikonfirmasi melalui e-mail dan telepon (berdasarkan data yang diberikan).
  2. Hasil karya foto seluruh finalis akan dipamerkan pada pameran foto di Jakarta yang diselenggarakan oleh PT Epson Indonesia.
  3. Karya foto finalis juga dapat dipamerkan di pameran dan acara-acara lain, di media publikasi, dan di website yang dioperasikan oleh atau untuk Sponsor dan/atau Co-Sponsor, termasuk, tapi tidak terbatas pada, materi promosi untuk kontes yang disponsori Sponsor dan/atau Co-Sponsor.

Representasi
Dengan mengikuti kontes ini, Anda menyatakan bahwa:

  1. Karya foto yang Anda kirimkan adalah orisinil dan merupakan hasil karya Anda sendiri.
  2. Publikasi karya foto yang dikirimkan tidak akan bertentangan dengan hak pihak ketiga manapun, dan anda telah menyediakan semua izin dan rilis yang diperlukan sehubungan dengan hal tersebut.
  3. Karya foto yang Anda kirimkan tidak melanggar atau bertentangan dengan standar norma yang berlaku di masyarakat. Karya foto yang mengandung unsur-unsur negatif dan bertentangan dengan standar norma yang dapat ditentukan oleh Sponsor dan/atau Co-Sponsor dalam kebijakannya dapat dikeluarkan dari kontes tanpa pemberitahuan kepada Anda terlebih dahulu.

Penggunaan Informasi Personal
Dengan mengikuti kontes ini, Anda setuju bahwa:

  1.  Informasi personal yang Anda berikan dapat dikumpulkan dan dikelola oleh Sponsor dan/atau Co-Sponsor dan tidak akan diberikan kepada pihak ketiga manapun.
  2. Sponsor/Co-Sponsor dapat menggunakan informasi personal Anda (i) dalam hubungan dengan pameran dan publikasi hasil karya Anda dan untuk tujuan promosi (kecuali ada aturan yang melarangnya); dan (ii) untuk memberikan Anda informasi sehubungan dengan kontes ini dan Color Imaging Contest di masa mendatang.
  3. Pemenang kontes akan diminta untuk menandatangani dan mengembalikan pernyataan keikutsertaan, ketentuan hak-hak, formulir pajak, dan rilis publikasi, semua dalam kurun waktu empat belas (14) hari notifikasi, atau hadiah tidak dapat diambil dan pemenang pengganti dapat dipilih (pemenang lain yang hasil karyanya menerima peringkat tertinggi berikutnya).
  4. Pemberian informasi yang salah akan menyebabkan diskualifikasi hasil karya secara otomatis.

Hadiah
Dengan mengikuti kontes ini, Anda setuju bahwa:

  1. Penggantian atau pengalihan hadiah tidak diperkenankan kecuali dalam keadaan khusus, di mana Sponsor dan/atau Co-Sponsor dapat mengganti hadiah untuk nilai yang sama atau lebih.
  2. Semua pajak yang dikenakan pada nilai hadiah adalah tanggung jawab pemenang kontes. Sponsor dan/atau Co-Sponsor akan mengacu pada pihak perpajakan yang berwenang untuk formulir pelaporan pajak yang diperlukan sehubungan dengan hadiah yang diberikan kepada pemenang kontes.

Sumber : lfupdate.com