DPM U Tingkatkan Eksistensi dengan Sekolah Legislasi

0
490

UMS, Pabelan-Online.comDewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPM U) resmi dilantik pada Jumat, (2/8/2016) bersamaan dengan pelantikan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM U). Salah satu Proker (Program Kerja) melalui komisi 2 (Pendidikan dan Pewacanaan) yaitu mengadakan sekolah legislasi bagi calon anggota DPM baik tingkat fakultas maupun universitas.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh ketua umum DPM U, Mirza Iskandar Putra, bahwa perlu diadakannya sekolah legislasi untuk meningkatkan kinerja DPM U. Sekolah legislasi tersebut tidak jauh berbeda dengan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) anggota yang diadakan BEM U ataupun organisasi lainnya. “Kalau BEM ada LKMMD (Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa tingkat Dasar-red). Selama ini belum ada aturan seperti itu di DPM U. Setidaknya nanti calon anggota DPM U pernah ikut sekolah legislasi tingkat fakultas,” tuturnya, Selasa (6/9/2016).

Tak hanya mengadakan sekolah legislasi, DPM U juga akan meningkatkan sosialisasi sehingga mahasiswa paham fungsi DPM U. Menurut Mirza, biasanya masalah advokasi mahasiswa lebih banyak ditangani oleh Menteri dalam Negeri (Mendagri) BEM U. “Kita mencoba memperjelas mana ranah advokasi DPM U melalui komisi 1 (Advokasi Mahasiswa-red) dan ranah BEM U melalui Mendagri (Menteri dalam Negri),” jelasnya.

 

Penulis            : Sofi Filda

Editor              : Ritmika Serenady & Hanifah Indrianti