UMS, UB, dan UTelkom Juara 1 Cyber Jawara 2016

0
567

UMS, Pabelan-Online.com – Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKI UMS), Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Telkom raih juara satu Cyber Jawara 2016 di Bali, Senin-Sabtu (26/9/2016-1/10/2016). Kompetisi meretas atau hacking diatas rata-rata yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di Bali tersebut diikuti oleh 150 tim se-Indonesia.

Pemenang Cyber Jawara 2016 dari UMS, Deny Febriyanto, mengatakan dirinya belajar hacking secara autodidak dan  aktif menjalin komunikasi dengan timnya melalui sosial media. Kesulitan dalam kompetisi, dapat diatasi meskipun tantangan yang diberikan berbeda dari yang dipelajari. ”Server yang diamankan biasanya linux, tapi yang keluar windows. Jadi panik dan belum ada persiapan sama sekali,” ujarnya, Rabu (5/10/2016).

Menanggapi, Wakil Dekan I FKI, Yanti Haryanti, menyatakan apresiasinya atas prestasi yang diraih Deny. Dengan prestasi kemenangan tersebut, UMS memfasilitasi sarana dan prasarana untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa. “Dengan prestasi ini saya harapkan mahasiswa tidak berhenti untuk terus mengembangkan keahlian dan terus berkreasi untuk berprestasi yang lebih baik lagi serta bisa menginspirasi mahasiswa lainnya,” tulisnya Via Whatssapp Messenger, Rabu (5/10/2016).

Selanjutnya, pemenang Cyber Jawara 2016 akan mewakili Indonesia di ajang Cyber Sea Games Asia Tenggara.

Penulis : Magang Anggia Mujianti, Ari Susanto, Hana Awalliyah Ajiningsih, dan Imroatus Sholihah

Editor  : Indrianti