Tata Tertib Pilrek Periode 2017-2021

0
166

Berikut draft tata tertib yang telah di himpun redaksi Pabelan-Online.com dari situs website resmi UMS. Draft berikut merupakan hasil rapat senat yang telah diadakan pada Selasa (8/11/2016):

1. Anggota Senat Universitas harus menerima undangan paling lambat 2 hari sebelum hari H.

2. Kuorum dipenuhi apabila setidak-tidaknya 2/3 (dua-per-tiga) jumlah anggota senat hadir.

3. Apabila pada jam yang ditentukan kuorum belum terpenuhi, maka sidang ditunda maksimum dua kali 30 menit.

4. Apabila setelah ditunda sesuai butir 3 jumlah anggota senat yang hadir belum juga mencapai kuorum, maka sidang dapat dimulai dengan tidak lagi memperhitungkan kuorum.

5. Setiap anggota senat memilki hak suara dan hak bicara yang sama.

6. Tamu undangan resmi —selain anggota senat— yang diundang pada sidang senat memiliki hak bicara, tetapi tidak memiliki hak suara.

7. Mahasiswa sejumlah 42 diundang pada saat penyampaian visi-misi. Mahasiswa memiliki hak untuk menanggapi presentasi.
a. BPH UMS.
b. Majelis Dikti Litbang PP.

8. Pada tahap 1, proses pemilihan “11 orang bakal calon rektor” dan “6 orang bakal wakil rektor per bidang” dilakukan dengan metode satu orang memilih tiga nama melalui e-voting. Apabila memilih lebih atau kurang dari 3 maka suara dianggap tidak sah.

9. Pada tahap 2, proses pemilihan dilakukan dengan metode scoring dengan aturan kandidat pilihan ke-1 mendapat skor 4, kandidat pilihan ke-2 mendapat skor 2, kandidar pilihan ke-3 mendapat skor 1 dan kandidat lainnya tidak mendapat skor.

10. Pemilihan 3 calon wakil rektor dari 6 bakal calon wakil rektor per bidang dilaksanakan setelah rektor baru definitif.