Ar Rasail Juara I Lomba Shortmovie Berbahasa Arab

0
308

UMS, Pabelan-Online.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ar-Rasail raih Juara I tingkat nasional dalam Arabic Fair yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Sastra Arab Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), pada November 2016. Film yang berjudul Dunia Aisyah tersebut bercerita tentang akulturasi budaya arab di Indonesia.

Diungkapkan oleh ketua UKM Ar-Rasail, Istiqomah Tri Wijayanti, mengatakan baru pertama kali mengikuti lomba film pendek. Berdurasi 14 menit, film tersebut Mengangkat konflik mengenai seorang perempuan bernama Aisyah keturunan negro dan arab yang memakai cadar. Kebiasaan yang dimilki Aisyah dirasa aneh oleh lingkungan barunya sehingga ia dikucilkan. “Film ini menjelaskan pemahaman pemakaian cadar,” kata Isti, Kamis (10/11/2016).

Film yang disutradai oleh Nur Risqi Febriandika tersebut mengambil setting di kampung dekat keraton dimana terjadi akulturasi budaya arab indonesia. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal Ar Rasail juga memilih pemeran utama yang merupakan orang arab dan baru lima tahun di Indonesia. “Yang menjadi ayahnya (ayah Aisyah-red), mahasiswa S2 UMS. Dia orang Sudan,” tuturnya.

Salah satu kru film tersebut, Zeni Prasetyo merasa sempat mengalami kesulitan saat pembuatan film karena masih kurang berpengalaman. “Dengan adanya pengalaman ini, kita bisa lebih belajar dan terus belajar,” Ujarnya, Kamis (10/11/2016).

Penulis : Ahmad Faisal Mudhoffar
Editor : Sofi Filda I